Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Agu 2021 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Full Booking, Gunung Ciremai Diserbu Pendaki Jelang Hari Kemerdekaan

Bima Bagaskara
detikTravel
View Gunung Ciremai
Gunung Ciremai (Bima Bagaskara/detikTravel)
Kuningan -

Pendakian Gunung Ciremai laris manis diserbu pendaki. Jelang hari kemerdekaan, tiga jalur pendakian yang ada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah full booking hingga Senin (16/8/2021) besok.

"Sampai dengan hari Senin 16 Agustus besok kuota pendakian di tiga jalur yaitu Palutungan, Linggasana dan Linggajati sudah full booking," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Teguh Setiawan saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (15/8/2021).

Menurut Teguh meski full booking namun jumlah pendaki yang akan menuju puncak tertinggi Jawa Barat itu tidak mencapai kuota maksimum dari tiap-tiap jalur. Pasalnya pihak TNGC membatasi kuota pendakian dari kapasitas yang ada.

"Kuotanya sesuai surat edaran Bupati Kuningan yakni hanya dibolehkan 25 persen dari kapasitas. Jadi untuk tiga jalur itu kita batasi sesuai aturan," ungkapnya.

"Untuk jalur pendakian Linggarjati dari 230 pendaki per hari sekarang maksimal hanya 57 pendaki, Linggasana dari 218 hanya 54 dan Palutungan dari 497 hanya 124 pendaki perharinya," lanjut Teguh.

Teguh juga menjelaskan jalur pendakian Gunung Ciremai yang berada di Kabupaten Kuningan dibuka setelah pemerintah setempat membolehkan lokasi wisata kembali beroperasi, termasuk jalur pendakian dan perkemahan di kawasan TNGC.

Untuk itu kata Teguh, pihaknya akan mengikuti aturan Pemkab Kuningan termasuk kemungkinan kembali ditutupnya lokasi wisata dan pendakian setelah masa berlaku surat edaran selesai pada 16 Agustus 2021 besok.

"Makanya untuk booking tanggal 17 itu belum kita buka, kita masih akan tunggu keputusan dari Bupati Kuningan seperti apa, apakah masih boleh dibuka atau gimana nanti kita lihat surat edarannya," tandasnya.

Untuk diketahui, jalur pendakian Gunung Ciremai telah dibuka sejak 10 Agustus 2021. Selain membatasi kuota pendakian, TNGC juga menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat misalnya pendaki wajib lolos uji kesehatan oleh tim kesehatan di tiap pos jalur pendakian jika ingin menuju puncak.



Simak Video "Momen Saat Ratu Rimba Gunung Ciremai Dilepasliarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA