Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Agu 2021 18:18 WIB

TRAVEL NEWS

Puncak Gunung Satu-satunya di Negara Ini Menyusut 2 Meter dalam Setahun

bonauli
detikTravel
Woman Hiker on the Kungsleden trail, the long distance hiking trail in northern Lapland, Abisko National Park, Sweden, Europe
Gunung Kebnekaise (iStock)
Stockholm -

Kabar ketinggian gunung menyusut karena perubahan iklim bukan isapan jempol. Predikat gunung tertinggi di Swedia berpindah tangan.

Peneliti dari Universitas Stockholm melaporkan bahwa ketinggian puncak selatan Kebnekaise berkurang menjadi 2.094,6 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada tahun 2021.

Dilansir dari The National, berkurangnya ketinggian sisi selatan gunung yang berada di Laplandia itu disebabkan oleh es di puncak mencair akibat naiknya suhu global. Gunung ini menyusut dua meter dalam tempo satu tahun.

Menyusutnya ketinggian itu membuat predikat puncak selatan Gunung Kebnekaise sebagai gunung tertinggi di Swedia lepas. Ya, puncak selatan Gunung Kebnekaise memegang predikat sebagai puncak tertinggi Swedia selama lebih dari 100 tahun. Pada tahun 2010, gunung ini memiliki tinggi 2.102 meter.

Puncak selatan gunung itu sudah kehilangan gelar sebagai gunung tertinggi Swedia sejak 2019. Semakin lama, puncak esnya semakin menyusut.

"Pada 14 Agustus, puncak selatan Kebnekaise diukur dengan ketinggian 2.094,6 meter di atas permukaan laut oleh peneliti dari stasiun penelitian Tarfala," kata tim peneliti.

Ini adalah ketinggian terendah yang pernah didapatkan sejak pengukuran dimulai pada tahun 1940-an. Puncak gunung ini terletak 150 kilometer di utara Lingkaran Arktik.

Massif Kebnekaise adalah bagian dari situs warisan dunia Laponia dan Pegunungan Scandes, yang membentang di sebagian besar utara Norwegia dan Swedia.

"Penurunan puncak dan perubahan tampilan drift terutama dapat dijelaskan oleh kenaikan suhu udara tetapi juga perubahan kondisi angin yang mempengaruhi tempat akumulasi salju di musim dingin," begitulah keterangan para peneliti.

Kini, predikat gunung tertinggi di Swedia menjadi milik puncak utara Gunung Kebnekaise. Puncak itu tidak memiliki gletser.

Awalnya, para peneliti berharap bahwa puncak gunung di sebelah selatan akan mengalami penumpukan salju dan es selama musim dingin untuk mempertahankan ketinggiannya, tetapi ternyata musim panas datang dengan sinar matahari yang lebih menyengat.

Pada tahun 2018, Swedia mengalami musim panas dengan suhu udara paling tinggi. Hastveda di Swedia selatan mengaklaim rekor terpanas dengan suhu mencapai 34,6 derajat celcius pada bulan Juli.

Sementara itu pada Juni 2021, beberapa bagian Swedia melaporkan rekor tertinggi karena adanya gelombang panas. Wilayah Laplandia Arktik paling utara Finlandia mencatat suhu terpanas selama lebih dari satu abad.



Simak Video "Ledakan Keras di Apartemen Swedia, 20 Orang Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA