Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 22 Agu 2021 14:47 WIB

TRAVEL NEWS

Taliban Berkuasa, Bendera Afghanistan Bakal Diganti?

Putu Intan
detikTravel
Bendera Afghanistan
Bendera Afghanistan. Foto: Anadolu Agency
Kabul -

Taliban yang kini menguasai Afghanistan kembali membuat manuver dengan keinginan mengganti bendera negara tersebut. Tak ayal, warga pun melancarkan protes.

Dilansir dari Al Jazeera, Minggu (22/8/2021) Taliban bermaksud mengganti bendera Afghanistan dengan bendera putih bertuliskan Shahada 'La ilah ila Allah, Mohammad rasoul Allah' yang berarti tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.

A Taliban flag flies in the main square of Kunduz city after fighting between Taliban and Afghan security forces, in Kunduz, Afghanistan, Sunday, Aug. 8, 2021. Taliban fighters Sunday took control of much of the capital of northern Afghanistan's Kunduz province, including the governor's office and police headquarters, a provincial council member said. (AP Photo/Abdullah Sahil)Bendera Taliban. Foto: AP/Abdullah Sahil

Seperti diketahui, saat ini bendera Afghanistan memiliki 3 warna yakni hitam, merah, dan hijau dengan lambang negara Afghanistan dan atribut Islami berwarna putih di bagian tengahnya. Setiap warna pada bendera itu memiliki makna tersendiri.

Dikutip dari Encyclopedia Britannica, warna hitam, melambangkan masa lalu Afghanistan pada abad ke-19 sebagai negara yang dilindungi. Kemudian warna merah mewakili darah para pejuang kemerdekaan khususnya pada masa Perjanjian Anglo-Afghan pada tahun 1919. Sedangkan warna hijau mewakili harapan dan kemakmuran negara itu di masa depan.

Namun ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa warna hitam ini melambangkan masa lalu Afghanistan, lalu merah melambangkan perkembangan masa kini, dan hijau mencerminkan kemakmuran pertanian atau agama Islam.

Akan tetapi dengan Taliban yang mengganti bendera dengan desain milik mereka, masyarakat di Afghanistan mulai bergejolak dengan melakukan protes di dua kota. Sebanyak tiga orang dilaporkan tewas di kota Timur Jalalabad selama protes anti-Taliban dilakukan.

Setelah mengambil alih Afganistan, Taliban akan menetapkan tatanan politiknya dalam waktu dekat. Ada janji-janji yang terlontar dari mereka.Bendera Taliban. Foto: AP Photo

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat pengunjuk rasa Jalalabad mencoba memasang kembali bendera Afghanistan di jembatan penyeberangan setelah sebelumnya diganti dengan bendera Taliban.

Jika menilik sejarah, penggantian bendera di Afghanistan sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Sejak merdeka dari Inggris lebih dari 100 tahun lalu, Afghanistan sudah merubah desain bendera sebanyak 18 kali.



Simak Video "Taliban Rayakan Satu Tahun Kepergian AS dari Afghanistan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA