Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Sep 2021 20:43 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Gunungkidul Tutup Saat PPKM Level 3, Dispar: Semoga Segera Buka

Pantai Selatan, GunungkidulYogyakarta
Ilustrasi wisata Gunungkidul (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Perpanjangan PPKM membuat objek wisata (obwis) di Kabupaten Gunungkidul tutup hingga 13 September. Dispar Gunungkidul berharap pemerintah segera membuka pariwisata di Gunungkidul agar perekonomian bangkit kembali.

"Saat ini masih tutup (obwis di Gunungkidul), dan tempat kita juga tidak ada yang uji coba buka," kata Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul Hary Sukmono saat dihubungi detikcom, Rabu (8/9/2021).

Oleh sebab itu, dia lebih memilih fokus untuk melakukan pengawasan di kawasan wisata saat PPKM level 3. Sebabnya, saat ini banyak calon wisatawan yang nekat datang ke tempat wisata, khususnya kawasan Pantai Selatan Gunungkidul.

"Untuk saat ini kami lakukan pengetatan di jalur/akses menuju kawasan pantai bersama unsur OPD lain, TNI, Polri, SAR dan pemerintah Kalurahan setempat," ujarnya.

Hary juga mematangkan kesiapan objek wisata untuk penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk.

"Penggunaan aplikasi PeduliLindungi kalau nantinya menjadi syarat wajib sedang kami siapkan sambil mengamati pelaksanaan uji coba tempat lain yang ditunjuk oleh Kemenparekraf," katanya.

"Saya memahami dan bisa merasakan apa yang dirasakan pelaku wisata dan wisatawan (yang ingin segera dibuka). Tetapi karena kondisi masih seperti saat ini, kita harus dukung supaya terkendali dan segera selesai," lanjut Hary.

Terlepas dari hal tersebut, Hary berharap agar pemerintah pusat bisa segera membuka sektor pariwisata di Gunungkidul. Atau setidaknya melakukan uji coba pembukaan tempat wisata di Gunungkidul.

"Tentu saja kami berharap untuk bisa segera dibuka sehingga aktifitas ekonomi masyarakat bisa bangkit lagi," kata dia.

Pemerintah mengumumkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1, 2, 3, dan 4 di Jawa-Bali. PPKM diputuskan untuk diperpanjang.

Ada sejumlah daerah yang mengalami penurunan level PPKM salah satunya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). DIY turun dari PPKM level 4 ke level 3. Sementara Bali masih tetap berada di level 4.

"DIY berhasil turun ke level 3. Sementara, Bali kami perkarakan butuh waktu 1 minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan pasien di rumah sakit yang masih tinggi," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/9/2021).



Simak Video "Tiadakan Penyekatan, Cianjur Berlakukan Ganjil-Genap di Jalan Protokol"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA