Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 09 Sep 2021 15:02 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Selam di Kepulauan Seribu Jadi Etalase Wisata Bahari Nasional

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar kegiatan ‘Bimbingan Teknis, Monitoring, dan Evaluasi CHSE Wisata Bahari (Wisata Selam)’ di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada Rabu (8/9/2021).
Foto: (dok Kemenparekraf)

Dalam kegiatan ini para peserta mendapat materi bimbingan teknis CHSE, kemudian diajak melakukan simulasi atau uji coba langsung penerapan CHSE Wisata Selam di dua dive center Pulau Pramuka, yaitu Family Divers dan Mazu Divers.

Adapun narasumber pemateri dalam kegiatan ini adalah Ketua Tim Penyusun CHSE Wisata Selam Abi Carnadie dan Tim Auditor CHSE Wisata Selam Arief Yudo Wibowo.

"Industri wisata selam sudah punya panduan CHSE tersendiri yang dirilis Kemenparekraf sejak tahun 2020, berisi panduan untuk pekerja, wisatawan, protokol beraktivitas di mobil, dermaga, kapal, sampai panduan disinfeksi peralatan selam, dan penanganan kasus darurat. Dalam penyusunannya kita juga bekerja sama dengan organisasi keselamatan selam internasional Divers Alert Network, " jelas Abi Carnadie.

Abi Carnadie juga menegaskan, bahwa aktivitas selam atau scuba diving pada dasarnya merupakan kegiatan wisata olahraga yang rendah risiko penularan virus.

"Sampai saat ini belum ada data yang menyatakan bahwa seseorang bisa tertular COVID-19 di dalam air. Dan saat penyelam memakai alat diving seperti masker diving, wetsuit, dan regulator, itu dia terproteksi mirip seperti memakai APD (Alat Pelindung Diri). Jadi bisa dibilang potensi penularan COVID-19 dalam aktivitas selam itu sangat minim, selama dilakukan sesuai protokol," tegasnya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar kegiatan 'Bimbingan Teknis, Monitoring, dan Evaluasi CHSE Wisata Bahari (Wisata Selam)' di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada Rabu (8/9/2021).Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar kegiatan 'Bimbingan Teknis, Monitoring, dan Evaluasi CHSE Wisata Bahari (Wisata Selam)' di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada Rabu (8/9/2021) (dok Kemenparekraf)

Hal senada juga disampaikan oleh Tim Auditor CHSE Wisata Selam, Arief Yudo Wibowo.

"Kegiatan selam itu sudah sangat terpola dengan standard operating procedure (SOP) bahkan sejak sebelum adanya pandemi. Jadi, prosedur seperti CHSE sebenarnya cukup mudah diterapkan oleh para pelaku usaha wisata selam yang sudah sangat terbiasa dengan protokol keselamatan yang ketat," jelas Arief Yudo Wibowo.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA