Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Sep 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Bak Avatar, KS Manggarai Kendalikan Stasiun Tersibuk di Jabodetabek

Putu Intan
detikTravel
Kepala Stasiun Manggarai Widy Aries Subiyanto
Kepala Stasiun Manggarai Widy Aries Subiyanto. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Stasiun Manggarai melayani ratusan perjalanan kereta api dengan ribuan penumpang setiap hari. Bagaimana kepala stasiun mengendalikan semua ini agar berjalan lancar?

Hiruk pikuk penumpang KRL Jabodetabek begitu terasa di Stasiun Manggarai. Stasiun ini merupakan tempat transit kereta jurusan Bogor, Jakarta Kota, Tanah Abang, hingga Bekasi.

Di sana terdapat sembilan jalur kereta yang melayani 792 perjalanan setiap hari. Selain itu, Stasiun Manggarai juga menjadi jalur kereta api bandara dan kereta api jarak jauh.

Membayangkan kesibukan di Manggarai saja sudah membuat kepala pusing. Apalagi bila bertugas untuk mengatur lalu lintas kereta dan mobilitas penumpang agar tak terjadi kendala.

Inilah pekerjaan sehari-hari dari Widy Aries Subiyanto yang menjabat sebagai Kepala Stasiun Manggarai sejak 2020. Ia bekerja di PT Kereta Api Indonesia sejak tahun 2000 dan pernah menjadi Wakil Kepala Stasiun Senen hingga Kepala Stasiun Duri. Namun, Manggarai memiliki keistimewaan tersendiri.

Stasiun ManggaraiStasiun Manggarai. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

"Kepala stasiun bertanggung jawab menjamin keamanan, ketertiban, pelayanan, dan kebersihan stasiun. Jadi, ada banyak faktor di ruang lingkup kami. Ini menuntut kami untuk multi talent karena setiap hari bertemu hal-hal tadi di lapangan," kata Widy saat ditemui detikcom.

Widy menjelaskan kesabaran menjadi kunci dalam pelayanan penumpang di Stasiun Manggarai. Sebabnya, dengan tingginya mobilitas, tak jarang para petugas juga kesulitan dalam mengatur penumpang.

"Misalnya penumpang dilarang masuk, masih saja ada yang masuk. Dilarang duduk, masih dudu. Tapi dari petugas sudah didoktrin sebagai front liner jadi tidak gampang mengeluh. Kita jangan baper dan jangan capek memberikan sosialisasi," dia memaparkan.

Selanjutnya: menyeimbangkan pembangunan dan pelayanan perjalanan kereta

Simak Video: Setop Sebut Rumah Kami Kampung Janda

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA