Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Sep 2021 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Desa China Bayar Penduduk yang Punya Banyak Anak

Putu Intan
detikTravel
Bayi lahir di China jumlahnya menurun, mengapa demikian dan apa dampaknya bagi China dan dunia?
Ilustrasi bayi di China. Foto: BBC Magazine

Kendati insentif itu terlihat menggiurkan, para perempuan di China mengkritik kebijakan banyak anak ini. Menurut mereka, uang itu tidak dapat mengatasi masalah-masalah yang akan muncul ketika mereka memiliki anak.

Mereka menyebutkan sejumlah masalah yang kini masih terjadi di China yaitu ketidaksetaraan gender yang mengakar, kurangnya cuti untuk ayah, tingginya biaya hidup, dan kurangnya kesempatan kerja.

Untuk memiliki lebih banyak anak, perempuan juga seringkali mengorbankan karir dan mendapatkan diskriminasi di tempat kerja. Mereka akan dituntut untuk bertanggung jawab atas pengasuhan anak dan pekerjaan rumah tangga.

Dengan semakin banyak perempuan yang mengenyam pendidikan tinggi dan memasuki dunia kerja, semakin sedikit dari mereka yang siap berkorban demi mengurus banyak anak. Hal ini terutama kerap terjadi di perkotaan di mana biaya hidup sangat tinggi dan persaingan kerja yang tinggi.

Tapi masalah serupa juga membayangi masyarakat desa. Dalam sebuah survei lokal terdapat tiga faktor utama yang membuat keluarga enggan memiliki lebih dari satu anak adalah tekanan pada biaya perumahan, pendidikan dan pengasuhan anak.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA