Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Sep 2021 21:07 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Lagi Tulis Alamat Rumah di Kopermu, Jangan Pokoknya!

bonauli
detikTravel
Suitcase or luggage with conveyor belt in the airport.
Ilustrasi koper (iStock)
Jakarta -

Saat bepergian dengan pesawat, barang bawaan kerap diletakkan di bagasi. Sudah menjadi tren untuk menuliskan alamat rumah di koper bawaan.

Tapi ternyata hal ini harus dihindari. Dilansir dari The Sun, para ahli tidak menyarankan ini. Karena ternyata ini bisa membahayakan rumahmu.

"Jangan mencantumkan alamat rumah di label bagasi. Gunakanlah label bagasi elektronik atau informasi berupa nomor ponsel saja," ujarnya dilansir dari USA Today.

Alasannya sederhana, bandara menjadi tempat berkumpulnya banyak orang. Dengan memberi alamat rumah pada bagasi, ini akan memberi kesempatan kepada perampok untuk tahu bahwa rumahmu sedang kosong.

"Hampir semua orang di bandara dapat melihat informasi yang tertulis di label koper Anda. Jadi membatasi informasi pribadi dan menyediakan informasi bagi maskapai adalah kuncinya," lanjutnya.

Seorang travel blogger bernama Ricard Clive Rowlands juga sependapat dengan hal ini. Dirinya tidak menyarankan traveler untuk menuliskan alamat rumah di label koper.

"Jangan menaruh alamat rumah teman, karena pencuri tidak tahu bahwa itu rumah temanmu dan masih akan merampoknya. Idealnya cantumkan alamat kantor dan nomor ponsel di atasnya," jelas Rowlands.

Kehilangan bagasi saat terbang memang jadi hal yang sering dialami oleh traveler. Oleh karena ini berikut tips agar meminimalisir kehilangan koper di bandara.

Yang pertama adalah ambil foto kopermu saat masuk ke dalam bagasi. Masukkan detail penerbangan yang terlihat di tempat check-in. Ini akan menjadi bukti kuat bahwa kopermu sudah masuk ke bagasi.

Kemudian tinggalkan kartu nama. Nama, email dan nomor telepon akan lebih bermanfaat dari alamat rumah. Yang terakhir adalah stiker fragile.

Mintalah stiker fragile saat check-in bagasi. Ini akan membuat kopermu mendapat perhatian khusus dengan operator tertentu.



Simak Video "Pesawat Kecil Mendarat Darurat di Jalan Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA