Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Sep 2021 21:30 WIB

TRAVEL NEWS

Pintu Internasional Segera Dibuka, Bali Siapkan SOP Penanganan Wisatawan

Sui Suadnyana
detikTravel
Bandara Ngurah Rai Sepi
Bandara Ngurah Rai Bali (Angga Riza/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali tengah menyiapkan aturan standar operasional prosedur (SOP) penanganan wisatawan. SOP ini disusun pemerintah bersama pakar seiring dengan rencana pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara (wisman).

"Saya bersama dengan para pakar, khususnya pakar pariwisata akan segera kumpul untuk menyusun SOP bersama/terintegrasi dalam penanganan wisatawan sehingga semua komponen bisa memahami dan bisa bertindak dengan standar yang sama," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa dalam keterangan tertulis yang dikutip detikcom, Kamis (30/9/2021).

Astawa mengatakan, SOP ini disusun agar pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19 di sektor pariwisata dapat lebih mudah. Dirinya mengaku bakal melaksanakan rapat lanjutan untuk membahas berbagai persiapan lain dalam rangka pembukaan pariwisata internasional untuk Bali.

"Termasuk juga dari pihak imgrasi dimohon untuk membuat sosialisasi resmi melalui media mengenai aturan mengurus visa bagi wisatawan yang akan masuk Bali sehingga pihak-pihak terkait seperti travel agent, hotel dan sebagainya bisa memberikan informasi yang jelas terkait pengurusan visa," pinta Astawa.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menilai, turunnya kasus COVID-19 sebagai kesempatan bagi pemerintah untuk menyusun kembali program dan strategi pengembangan pariwisata. Ia menilai sudah seharusnya Bali ke depan meninggalkan pariwisata massal.

"Seiring dengan pandemi Covid, konsep pariwisata massal (mass tourism) yang selama ini menjadi andalan untuk mengejar kuantitas wisatawan. Ke depan diharapkan mulai berubah menjadi pariwisata berkualitas (quality tourism)," kata Cok Ace.

Cok Ace mengatakan, pariwisata berkualitas memberikan manfaat, tidak hanya bagi ekonomi negara, tetapi juga kemajuan masyarakat di destinasi wisata secara utuh dan berkesinambungan.

Selain memberikan dampak pada perekonomian nasional, penyelenggaraan meeting incentive convention exhibition (MICE) pun turut mendongkrak popularitas daerah yang didapuk menjadi tuan rumah berskala internasional.

"Sebentar lagi jika tidak ada halangan even Mandalika Lombok akan memberikan kontribusi yang positif bagi pariwisata Bali," jelas Cok Ace yang juga sebagai Ketua Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD PHRI) Bali itu.

"Selain itu, G-20 pada tahun 2022 tentunya akan mendongkrak pariwisata Bali. Untuk itu saya harap kedisiplinan dalam prokes akan tetap menjadi perhatian masyarakat, sehingga kasus COVID-19 di Bali akan terus melandai dan border internasional dapat segera dibuka," pinta Cok Ace.



Simak Video "Kemenparekraf Siap Deportasi Wisatawan di Bali yang Tak Patuh Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA