Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Okt 2021 10:30 WIB

TRAVEL NEWS

Momen Sandiaga-Gibran Nonton SIPA dari Atas Jip

Sandiaga Uno di Solo
Foto: (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Usai mengunjungi pameran UMKM di de Tjolomadoe, Karanganyar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming berlanjut ke Solo. Mereka menyaksikan Solo International Performing Arts (SIPA).

Mereka tiba di Bengawan Solo Park, lokasi penyelenggaraan SIPA, sekitar pukul 21.40 WIB. Mereka kemudian naik ke atas mobil jip yang sudah disediakan.

Untuk menyaksikan SIPA secara langsung, penonton memang hanya diperbolehkan berada di dalam mobil layaknya menonton konser drive in. Acara juga disiarkan secara live streaming.

Hari ini merupakan hari kedua digelarnya SIPA. Sejumlah pertunjukan yang ditampilkan hari ini, antara lain musisi Endah Laras dan grup musik humor Pecas Ndahe.

Sandi merasa bangga dengan kembali dibukanya event-event di berbagai tempat, termasuk di Solo. Meskipun, saat ini penyelenggaraannya masih terbatas.

"Ini menandai kembali dibukanya event dengan protokol kesehatan dengan inovasi drive in. Tadi kita menikmati tapi nggak keluar mobil. Tadi kita melihat sendiri bagaimana karya-karya terbaik talenta-talenta performing arts," kata Sandi usai acara, Jumat (8/10/2021).

Menurutnya, penyelenggaraan acara dengan cara hybrid ini justru dapat diakses masyarakat luas. Dia menyebut ada ribuan penonton SIPA dari berbagai belahan dunia.

"Yang menonton di sini mungkin di bawah 100, tapi yang streaming bisa sampai 4 sampai 5 ribu. Berarti ini adalah suatu keniscayaan di era pandemi dan pascapandemi," ujarnya.

Selain itu, gelaran SIPA juga dianggap dapat menggerakkan roda ekonomi pelaku usaha dan seni, mulai dari pengisi acara, persewaan alat hingga UMKM yang turut berjualan di lokasi acara.

"Tadi banyak sekali pendukung acaranya, lapangan pekerjaannya juga terbuka. Mudah-mudahan bisa menyemangati dan membangkitkan optimisme dan harapan," ujarnya.

Meski pergelaran seni sudah mulai dibuka, Sandi juga mengingatkan untuk selalu taat protokol kesehatan. Dia tidak ingin kasus COVID-19 kembali melonjak seperti di bulan Juli lalu.

"Ini tetap kita buka bertahap dengan penuh kehati-hatian. Kita tidak ingin apa yang terjadi bulan Juli dan Agustus ini terulang lagi. Apalagi kita sudah diperingatkan Menteri Kesehatan akan ada gelombang ke-3," tutupnya.

Simak video 'Kunjungi Rumah Siap Kerja, Sandiaga Dapat Wayang Mirip Dirinya':

[Gambas:Video 20detik]



(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA