Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Okt 2021 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Kreasi Citra Pratiwi, Gugah Kenangan Lewat Pameran The Garden of Memories

Pameran tunggal Rawraw bertajuk The Garden of Memories
Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom
Yogyakarta -

Selamat datang di dunia Rawraw, selamat datang di parade warna bebungaan di musim panas di bulan Agustus. Rawraw pada pameran tunggal bertajuk The Garden of Memories kali ini menghadirkan Bloom Series, sebuah seri tentang warna-warni bunga pada musim panas yang bermekaran.

Rawraw merupakan sebuah pseudo name sekaligus studio eksperimen yang menanggapi tema-tema kini yang didirikan oleh Citra Pratiwi. Citra dikenal sebagai seniman lintas disiplin dan kurator.

Kembali ke pameran The Garden of Memories, Citra menjelaskan pamerannya kali ini berangkat dari konsep Ephemera yang merupakan sebuah kata yang digunakan untuk merujuk kepada sesuatu yang tidak kekal.

"Karya saya ini menghubungkan benang merah Ephemera dengan konsep Buddhis di budaya Jepang yaitu Mono No Aware. Yakni sebuah bentuk kesadaran akan ketidakkekalan sehingga membuat manusia memiliki empati terhadap hal-hal kecil," kata Citra di Artspace Artotel, Sleman, kepada wartawan, Kamis (21/10/2021).

Diceritakannya, inspirasi ini muncul dari renungannya selama membuat pameran tunggal ini. Tentang pandemi, tentang kehidupan tentang momentum yang semua sifatnya sementara.

"Selama saya proses membuat pameran tunggal di saat pandemi, saya banyak merefleksi tentang kehidupan, merefleksi sebuah momen dalam kehidupan dan ini sifatnya sementara. Saya ingin menghadirkan sifat yang sementara ini ke seni rupa," jelasnya.

The Garden of Memories menghadirkan bentuk yang menggugah kenangan. Pada pameran kali ini, Rawraw menggunakan warna-warni bunga untuk melambangkan Ephemera.

Bunga di musim panas, yang bertepatan dengan bulan Agustus bermekaran secara massal. Sebuah metafora atas ingatan abadi atas sifat kehidupan yang fana.

"Karya ini menurut saya dekat dengan kondisi pandemi, kita benar-benar diajak untuk menghargai kehidupan, menghargai waktu juga yang sudah kita dapatkan," katanya.

Citra mengatakan karyanya menampilkan visual berbentuk bunga, hati, boneka beruang dalam bentuk dua dimensi dan objek tiga dimensi. Total dalam pameran tunggal kali ini ada 13 karya.

"Rawraw menampilkan 8 karya dua dimensi dan 5 karya tiga dimensi. Warna dan tekstur merupakan ciri khas dalam karya Rawraw. Warna-warna di karya ini diambil dari warna bunga tropis," dia menambahkan.

Pameran The Garden of Memories ini masih dibuka untuk umum dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Berlangsung dari tanggal 24 Agustus- 24 Oktober 2021 di Artspace Artotel Yogyakarta.



Simak Video "Jogja yang Masih Sepi dari Turis Asing"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA