Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Nov 2021 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pemerintah Perluas Akses Kedatangan Turis, Kini Bisa Lewat Kepri

Tim detikcom
detikTravel
Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Bandara Raja Haji Fisabilillah (Edward F.K/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah kembali memperluas akses masuk untuk turis. Dari yang sebelumnya hanya di Bali dan Manado, kini bisa lewat Kepulauan Riau.

Pemerintah memperluas pintu masuk kedatangan perjalanan internasional selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kini, warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) yang datang ke Indonesia juga bisa melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah di Provinsi Kepulauan Riau.

Penambahan akses pintu masuk perjalanan internasional tersebut tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) No 58 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2, 1 di Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Inmendagri tersebut diteken Mendagri pada 8 November 2021.

Berikut aturannya:

a. Pembatasan pintu masuk perjalanan penumpang internasional bagi warga negara Indonesia diatur dengan ketentuan sebagai berikut:

1) Pintu masuk udara dengan menggunakan penerbangan langsung hanya melalui Bandar Udara Soekarno Hatta di Provinsi Banten, Raja Haji Fisabilillah di Provinsi Kepulauan Riau, dan Sam Ratulangi di Provinsi Sulawesi Utara;

2) Pintu masuk laut hanya melalui pelabuhan Batam dan Tanjung Pinang di Provinsi Kepulauan Riau dan Nunukan di Provinsi Kalimantan Utara; dan

3) Pintu masuk darat hanya melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk dan Entikong di Provinsi Kalimantan Barat serta Motaain di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

b. Pembatasan pintu masuk perjalanan penumpang internasional bagi warga negara asing diatur dengan ketentuan sebagai berikut:

1) Pintu masuk udara dengan menggunakan penerbangan langsung hanya melalui Bandar Udara Soekarno Hatta di Provinsi Banten, Raja Haji Fisabilillah di Provinsi Kepulauan Riau, dan Sam Ratulangi di Provinsi Sulawesi Utara;

2) Pintu masuk laut di Provinsi Bali dan Provinsi Kepulauan Riau dapat menggunakan kapal pesiar (cruise) atau kapal layar (yacht).

Selanjutnya: Aturan sebelumnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Akan Buka Bali dan Kepri untuk Turis Asing"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA