Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Nov 2021 23:39 WIB

TRAVEL NEWS

Makan Malam Syahdu Diiringi Musik Klasik khas Eropa di Pos Bloc

Putu Intan
detikTravel
Makan Malam Syahdu Diiringi Musik Klasik khas Eropa di Pos Bloc
Foto: Makan malam syahdu di Pos Bloc Jakarta (Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Ada acara unik di Pos Bloc malam ini. Ruang utama yang biasanya kosong, kini disulap menjadi ruang makan dan panggung musik klasik khas Eropa.

Pemandangan tak biasa ini jelas menarik perhatian para pengunjung, termasuk detikcom yang berkunjung langsung Great Hall Pos Bloc pada Jumat (12/11/2021) sore. Dua meja makan disusun dengan rapi. Di atasnya terdapat botol kuno hingga lampu tempel tempo dulu.

Yang lebih menarik lagi adalah suguhan musik klasik dari Klassik Haus yang memainkan lagu-lagu komposer kenamaan seperti karya Beethoven hingga Mozart. Suasananya sungguh syahdu dan menenangkan.

Makan Malam Syahdu Diiringi Musik Klasik khas Eropa di Pos BlocMakan Malam Syahdu Diiringi Musik Klasik khas Eropa di Pos Bloc Foto: (Putu Intan/detikcom)

Acara ini rupanya digelar atas inisiatif salah satu tenant di Pos Bloc yaitu Via Bata Via. Mereka sebenarnya merupakan perantara jual beli barang antik. Namun khusus untuk acara malam ini, Via Bata Via ingin mengajak penikmat untuk merasakan pengalaman seperti orang-orang Belanda yang makan malam ditemani pertunjukan musik.

"Acara malam ini mengajak orang-orang merasakan suasana tempo dulu. Dengan makanan dan alunan musik klasik, suasananya mengingatkan kembali tentang sejarah, budaya, arsitektur, dan makanan itu sendiri," kata Pemilik Via Bata Via, Edgar Honggo.

Tujuan itu sangat cocok dengan lokasi Pos Bloc yang merupakan bekas gedung pos era kolonial. Bangunan ini sudah eksis sejak tahun 1880-an dan masih kokoh berdiri hingga sekarang.

Direktur Program Pos Bloc, Wendi Putranto memuji kegiatan yang dilakukan Via Bata Via. Menurutnya, kegiatan ini dapat mempromosikan sejarah dengan cara menyenangkan, khususnya untuk generasi muda.

"Seni, budaya, dan hiburan yang dibawa Edgar ini sangat bagus. Kita bisa memviralkan sejarah dengan kemasan yang menarik. Jadi ini bisa disebut kekunoan yang kekinian," kata dia.

Ke depannya, Wendi ingin agar Pos Bloc rutin mengadakan acara serupa. Misalnya untuk pertunjukan musik, nantinya akan ditampilkan musik-musik klasik, jazz, pop, hingga keroncong.



Simak Video "Jajan Sambil Hangout Asyik di Pos Bloc, Ada Apa Saja Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA