Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Nov 2021 15:43 WIB

TRAVEL NEWS

Makin Kreatif, Gunungkidul Kembangkan Wisata Edukasi Madu, Jati dan Bambu

Sejumlah destinasi wisata di Gunungkidul diusulkan untuk melakukan uji coba terbatas. Salah satunya adalah destinasi wisata Gunung Ireng yang terletak di Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.
Ilustrasi wisata Gunungkidul. Foto: PIUS ERLANGGA

Menyoal teknis penelitian tersebut, Aulia mengungkapkan selama kurun waktu empat tahun pihaknya bekerja sama dengan petani-petani di Desa Katongan, Desa Kedungpoh, Desa Semin, Desa Pengkok, Desa Bejiharjo dan DAS Bribin dengan fokus penelitian yang berbeda-beda. Semua itu sesuai dengan potensi wilayah dan kesepakatan pilihan komoditas yang disampaikan oleh masyarakat sebelum penelitian dimulai.

"Selama penelitian kita gunakan pendekatan participatory action research (PAR). Karena PAR mendorong rasa kepemilikan petani pada proses penelitian sehingga tumbuh keinginan untuk mengadopsi pelajaran yang mereka dapat dalam kegiatan dalam penelitian," ujarnya.

Bahkan, selama penelitian itu pihaknya mengumpulkan beberapa temuan yang dirangkum dalam 4 poin, dan dikelompokkan berdasarkan aspek pengembangan dari produksi hingga pemasaran dan bentang alam. Menurutnya keempat poin itu sangat berperan dalam pengembangan wisata edukasi di Gunungkidul.

"Pertama, memadukan jati dengan komoditas hasil hutan bukan kayu, menggali teknologi budidaya dari jenis-jenis kayu cepat tumbuh untuk disandingkan dengan jati," katanya

"Kedua, terkait pentingnya kemitraan dalam pemasaran hasil hutan kayu dan bukan kayu menjadi utama antara pihak swasta dan pihak produser atau petani," imbuhnya.

Ketiga, yakni kemitraan dalam melakukan penyuluhan melalui pengembangan pusat-pusat eduwisata yang dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi budidaya kayu dan hasil hutan bukan kayu. Kemitraan itu menjadi tempat bertemunya petani dengan pelaku pasar serta pihak-pihak lainnya yang dapat membantu pengembangan komoditas kayu dan komoditas lainnya yang dapat diintegrasikan dengan sistem berbasis kayu.

"Keempat pendekatan berbasis bentang alam yang dapat mendukung masyarakat untuk meningkatkan produksi kayu dan hasil hutan bukan kayu," katanya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Wabah Antraks Merebak di Gunungkidul, Puluhan Warga Diduga Tertular"
[Gambas:Video 20detik]

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA