Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Des 2021 09:31 WIB

TRAVEL NEWS

Penumpang Marah Gegara Tips Pramugari, Komentar Sandi soal Nglanggeran

Tim detikcom
detikTravel
Airline stewardess in protection mask turning her head and looking into camera while pressing hands to overhead bin cover
Foto: Getty Images/iStockphoto/yacobchuk
Jakarta -

Tips dari pramugari tak selamanya disambut baik semua penumpang. Gegara tips untuk penumpang kelas ekonomi, penumpang kelas satu jadi marah.

Video TikTok berjudul Change the Way You Travel yang dibuat mantan pramugari @katkamalani ini menjelaskan tiga cara membuat perjalanan kelas ekonomi yang hemat biaya jadi lebih menyenangkan. Apa saja tipsnya?

Tips pertama yang dia bagikan adalah adalah penumpang wanita disarankan memeriksa kompartemen 'rahasia' di toilet. Terkadang, tersimpan produk menstruasi di kompartemen tersebut. "Jika tidak ada coba minta ke pramugari," ujarnya.

Kedua, tips ini jauh lebih kontroversial. "Semua orang mengira Anda tidak bisa menggunakan kamar mandi kelas satu, tetapi anda sebenarnya bisa," katanya.

"Selama kamu tidak berdiri di lorong, kamu bebas menggunakan toilet mereka (kelas satu)," kata pramugari tersebut.

Video tersebut telah ditonton lebih dari 30 ribu kali dan ada user yang berkomentar mendukung tips menggunakan toilet kelas satu. Namun, ada juga user TikTok yang berkomentar tidak tahu bisa menggunakan toilet kelas satu.

"Saya selalu menggunakan kamar mandi kelas satu," tulis seorang pengguna.

"Saya pikir kita tidak bisa menggunakan kamar mandi kelas satu," tambah yang lain.

Tips ketiga dari Kamalani adalah jangan pernah menerima tawaran pertama dari maskapai penerbangan untuk ganti jadwal apabila maskapai menyebutkan penerbangan sudah penuh atau overbook. Sebaliknya, selalu upayakan mendapatkan kompensasi yang lain.

Soal urusan kamar kecil di pesawat ini memang selalu jadi heboh. Mengutip news.com.au, tahun 2019, seorang penumpang kelas bisnis mengeluhkan semakin banyaknya penumpang kelas ekonomi yang memakai toilet di kelas bisnis.

"Pada penerbangan terakhir saya ke Adelaide, seorang penumpang mabuk melakukan ini tiga kali, sama sekali tidak ada larangan dari kru," tulis penumpang itu di sebuah forum online. Dia menyebut dirinya sebagai Gjspectre.

Keluhan Gjspectre ini mendapat berbagai tanggapan. Seorang user tampaknya setuju dengan Gjspectre, "Tempatkan mereka kembali ke tempat mereka membayar. Qantas tidak memiliki pesawat layanan kelas tunggal. Mereka mengenakan biaya tambahan untuk kenyamanan dan orang-orang membayarnya dengan poin dan/atau uang," ujarnya.

Sedangkan ada juga user yang mengatakan masalah toilet ini sebenarnya dapat ditangani dengan mudah oleh kru pesawat dengan memberi tahu penumpang ekonomi untuk menggunakan toilet di belakang.

Menurut Forbes, aturan soal toilet memang tidak terlalu jelas. Pada 2019, mereka melaporkan bahwa, untuk penerbangan domestik, kamar mandi kelas satu adalah untuk semua penumpang. Perwakilan di American Airlines, JetBlue dan United mengatakan kepada Forbes bahwa tidak ada batasan kelas toilet pada penerbangan domestik AS.

Alaska Airlines dan Delta dilaporkan lebih ketat dan mengatakan para penumpang pesawat harus menggunakan toilet di kabin tempat mereka duduk kecuali jika awak menginstruksikan sebaliknya.

Selain itu, ada juga berita masih terkait Desa Wisata Nglanggeran yang mendapatkan penghargaan Best Tourism Village dari UNWTO. Menparekraf Sandiaga Uno memuji ini sebagai angin segar bagi dunia pariwisata di tengah pandemi COVID-19.

Berikut 10 berita terpopuler detikTravel, Minggu (5/12/2021):



Simak Video "Resign dari Pramugari, Demi Total Merawat ODGJ"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA