Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Des 2021 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Dia Sosok Fotografer di Balik Keindahan Terasering Panyaweuyan yang Viral

Bima Bagaskara
detikTravel
Fotografer di Balik Terasering Panyaweuyan
Foto: Terasering Panyaweuyan (dok. Okka Supardan/Istimewa)
Majalengka -

Mendengar nama Majalengka pastinya langsung teringat akan keindahan bernama Terasering Panyaweuyan. Ini dia sosok fotografer di balik viralnya destinasi itu.

Terasering Panyaweuyan begitu terkenal hingga membuatnya selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Jika melihat kebelakang, dulunya Terasering Panyaweuyan ini hanyalah sebuah lahan perkebunan sayur seperti kol dan bawang.

Namun tempat ini menjelma sebagai primadona wisata di Majalengka setelah seorang fotografer lokal berhasil mengenalkan keindahan Terasering Panyaweuyan ke seluruh Indonesia melalui foto-fotonya.

Sosok fotografer tersebut bernama Okka Supardan (50). Warga asal Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka ini telah sukses membuat Terasering Panyaweuyan viral di media sosial hingga kemudian banyak didatangi oleh wisatawan.

Kisah Okka dalam memotret Terasering Panyaweuyan ini berawal di tahun 2012 lalu saat Ia ditawari pekerjaan oleh Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) untuk memotret objek wisata yang ada di Kuningan dan Majalengka.

"Awalnya dulu waktu dapat job dari TNGC itu tahun 2012 saya ditawari pekerjaan untuk motret. Karena saya senang motret ya saya kerjakan. Disitu saya pikir di Kuningan ini titiknya banyak banget sampai 39, tapi Majalengka cuma 9 titik," kata Okka kepada detikcom, Minggu (19/12/2021).

Fotografer di Balik Terasering PanyaweuyanFotografer di Balik Terasering Panyaweuyan Foto: (dok. Okka Supardan/Istimewa)

Dari situlah Okka tertantang untuk mengeksplor lokasi wisata yang ada di Majalengka agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Ia pun kemudian memutuskan pergi ke pelosok-pelosok untuk mengabadikan keindahan alam Majalengka.

Berbekal ilmu tak seberapa di dunia fotografi, Okka dan beberapa orang rekannya yang masih tetanggaan ini mendatangi tempat-tempat yang dianggap memiliki potensi wisata. Tidak hanya tempat yang indah, tempat dengan kesan angker pun Ia datangi.

"Saya kira Majalengka itu lebih bagus. Dari situ saya harus mengubah mindset masyarakat, kalau sekedar bicara saya gak akan didengar jadi saya harus berkreasi melalui fotografi. Akhirnya sama anak-anak, eksplor ke tempat yang belum dikunjungi orang," ucap dia.

"Waktu itu banyak tantangan terutama saat mengeksplor tempat yang dianggap angker, saya sampai dikejar oleh warga, diancam. Perjuangannya luar biasa," ujarnya menambahkan.

Selanjutnya: Viral di Tahun 2014

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Hijaunya Terasering Panyaweuyan Majalengka, Bikin Segar Mata!"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA