Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Des 2021 05:03 WIB

TRAVEL NEWS

Elang Langka Asia Terlihat di Lokasi Ribuan Kilometer dari Rumahnya

Elang laut Steller
Elang laut Steller (Foto: CNN)
Jakarta -

Seekor elang laut dari Asia terlihat ribuan kilometer dari rumahnya. Burung langka itu terlihat di Massachusetts, Amerika Serikat.

Pengamat burung berduyun-duyun ke taman negara bagian Massachusetts dengan harapan bisa melihat sekilas elang laut Steller yang langka. Raptor besar ini asli Rusia timur dan sebagian Asia.

Divisi Perikanan & Margasatwa Massachusetts mengatakan dalam sebuah unggahan di Facebook bahwa burung langka itu pertama kali terlihat pada minggu lalu di sepanjang Sungai Taunton. Lokasi ini ribuan kilometer dari habitat normalnya.

Tidak jelas bagaimana dia bisa sampai di sana, tetapi pejabat margasatwa mengatakan kemungkinan ini adalah elang yang sama yang telah terlihat di Alaska dan Kanada.

"Tidak ada yang tahu pasti mengapa hewan itu menghilang di tempat pertama. Itu bisa saja terperangkap dalam badai yang meniupnya keluar jalur, atau hanya kesalahan navigasi dasar oleh burung itu," kata unggahan itu.

"Ini adalah burung yang sangat tersesat dan tidak ada yang yakin apakah ia akan kembali ke habitat aslinya," mereka menambahkan.

Elang laut StellerPengamat burung dan fotografer mencoba melihat elang laut Steller pada hari Selasa di Dighton Rock State Park (Foto: CNN)

Elang laut Steller adalah jenis pemangsa terbesar di dunia dan dapat memiliki berat hingga 9,02 kilogram dengan lebar sayap 2,5 meter.

Berita tentang kedatangan burung langka itu menyebar dengan cepat di kalangan pengamat burung dan orang-orang telah mengunggah hampir 300 foto di eBird.org yang berbasis di Cornell University.

Carol Molander, dari Marion, Massachusetts, sedang dalam perjalanan pulang pada hari Senin ketika dia mendapat peringatan tentang elang di aplikasi pengamatan burung. Jadi dia memutuskan untuk langsung pergi ke Dighton Rock State Park untuk melihatnya.

"Ada lebih dari 100 orang di sana dari seluruh New England," katanya kepada CNN.

"Orang-orang sangat bersemangat dan lebih dari bersedia untuk berbagi teropong mereka dengan orang-orang yang tidak memilikinya. Jadi kami semua mendapat pemandangan yang bagus," imbuh dia.

"Paruhnya berwarna oranye, oranye terang, dan sangat besar. Itu hanya burung yang sangat besar. Saya berpikir ini adalah kesempatan sekali seumur hidup dan saya mungkin tidak akan pernah melihat burung ini lagi," kata Molander.

Sebagai perbandingan, beberapa elang botak di cabang-cabang terdekat tampak kecil. Molander mengatakan dia telah melihat sejumlah burung langka di masa lalu, tetapi yang satu ini merupakan hal langka yang paling luar biasa yang pernah ia lihat.

Elang laut Steller terdaftar sebagai spesies yang rentan dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah di International Union for Conservation of Nature (ICUN). Kini, hanya ada 3.600-4.670 ekor individu dewasa yang hidup di alam liar.

Meskipun burung itu jauh dari rumah, cuacanya seharusnya terasa cukup akrab baginya.

"Iklim kami mirip dengan di daerah musim dingin asalnya, jadi tidak ada alasan untuk percaya bahwa ia tidak dapat bertahan hidup dengan baik di sini," tulis Divisi Perikanan & Margasatwa Massachusetts.



Simak Video "Penampakan Unik Sepasang Burung Elang Botak Mengeram 2 Telur"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA