Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Jan 2022 15:20 WIB

TRAVEL NEWS

Eropa Timur Ketar-ketir, Tingkat Vaksinasi Rendah eh Malah Dihantam Omicron

Virus Corona kembali membayangi sejumlah negara di Eropa. Para tenaga kesehatan di Rumania hingga Ukraina pun terus berjibaku merawat pasien COVID-19.
Foto: Situasi rumah sakit di Rumania (AP Photo)
Bucarest -

Negara-negara di kawasan Eropa Timur sedang ketar-ketir. Penyebabnya, tingkat vaksinasi di negara mereka tergolong rendah. Eh sekarang malah dihantam Omicron!

Varian Omicron saat ini sudah menyebar hingga ke benua Eropa, termasuk kawasan Eropa Barat hingga kini mengancam Eropa Timur. Beberapa negara di kawasan itu sungguh khawatir dengan varian Omicron.

Mengapa? karena di kawasan itu, tingkat vaksinasinya masih rendah. Adriana Pistol, Kepala Pengendalian Penyakit Menular Rumania menyebut negaranya terancam akan menghadapi 25.000 kasus harian positif Covid-19.

"Meski varian Omicron tidak memiliki tingkat keparahan yang sama dengan varian lain, tapi sistem kesehatan kami akan tetap kewalahan dan mencapai lvel tertinggi di bulan Oktober," ungkap Adriana, seperti dikutip dari AP, Minggu (2/1/2022).

Rumania sendiri adalah negara kedua di benua Eropa dengan tingkat vaksinasi terendah. Pemerintah Rumania telah memperketat aturan, termasuk tindakan pelacakan, namun masih banyak orang yang abai akan hal itu.

Saat ini, baru 40% penduduk Rumania yang sudah divaksin lengkap. Adriana menyebut setidaknya 3/4 dari total populasi penduduk di Rumania harus sudah divaksin dosis lengkap untuk mendapatkan jatah vaksin booster.

Sementara itu, dokter Dragos Zaharia yang bertugas di Marius Nasta Institute of Pneumology memperkirakan gelombang kelima akan menghantam Rumania pada bulan Januari ini.

"Ini sudah sangat jelas bahwa gelombang kelima akan menghantam kami di bulan Januari. Kami berharap akan ada lebih sedikit kematian, lebih sedikit kasus parah dan lebih sedikit yang masuk ke rumah sakit," kata Dragos.

Negara tetangga Rumania, yaitu Bulgaria juga tak kalah menyedihkan. Baru ada 32% populasi orang dewasa di sana yang sudah divaksin lengkap. Para ahli memprediksi gelombang Covid-19 akan menghantam Bulgaria pada akhir Januari ini atau Februari mendatang.

Negara-negara lain seperti Bosnia, Slovenia, Serbia hingga Kroasia juga menghadapi masalah yang sama. Varian Omicron juga telah terdeteksi di sana, namun mereka malah melonggarkan aturan.



Simak Video "Cegah Varian Omicron Masuk RI, Kemenhub Perketat Pintu Masuk Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA