Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Jan 2022 20:17 WIB

TRAVEL NEWS

Meski Dialihkan dari Halim Minat Penumpang Pesawat Tak akan Kurang

Bandara Pondok Cabe menjadi salah satu bandara pengganti sementara selama Bandara Halim Perdanakusuma ditutup untuk direvitalisasi. Ini potretnya.
Bandara Pondok Cabe (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma batal ditutup pada tanggal 1 Januari 2022 karena peraturan presiden revitalisasi belum terbit. Meski nanti ada pengalihan, minat penumpang diprediksi tak berkurang.

Dalam kabar sebelumnya, Bandara Halim Perdanakusuma akan mulai direvitalisasi pada awal tahun ini namun urung terjadi. Para penumpang akan dipindah ke Bandara Pondok Cabe hingga Soekarno Hatta.

"Diprediksi bila nanti terjadi pengalihan rute penerbangan, hal tersebut dianggap tidak akan mengurangi minat para calon penumpang untuk menggunakan moda transportasi udara itu. Karena lokasi Pondok Cabe yang masih terbilang dekat dan berprospek," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam temu wartawan mingguan, Senin (3/1/2022).

Lalu, bila revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma mulai dilaksanakan, ada kekhawatiran adanya penumpukan kendaraan atau kemacetan di sekitar bandara.

Menparekraf menyebut bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait terutama Kemenhub dan Angkasa Pura agar perjalanan traveler dan warga sekitar bandara Pondok Cabe tak terganggu.

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama Kementerian Perhubungan dan Angkasa Pura untuk memastikan kelancaran bagi para pengguna Bandara Pondok Cabe dan Curug. Mulai dari kesiapan fasilitasnya hingga alur keberangkatan dan kedatangannya ini akan kita koordinasikan dan kolaborasikan dengan komprehensif," terang Sandiaga.

Kementerian Perhubungan, kata Sandiaga, menyatakan hingga saat ini Bandara Halim Perdanakusuma tetap beroperasi normal.

Sebelumnya, beredar kabar bandara yang berlokasi di Jakarta Timur ini akan ditutup mulai 1 Januari 2022.

"Jika perpres sudah terbit dan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dimulai, maka sejumlah penerbangan akan dialihkan. Misalnya pesawat dengan wide body dan narrow body dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta, dan ATR ke Bandara Pondok Cabe," tegas dia.

Dalam artikel sebelumnya, juru bicara Kemenhub Adita Irawati pun menegaskan operasional bandara Halim pun masih berjalan seperti biasa sampai hari ini.

"Revitalisasi Halim akan dimulai jika Perpres sudah terbit. Saat ini operasional bandara Halim masih berjalan seperti biasa," ujar Adita kepada detikcom, Minggu (2/1)



Simak Video "Bandara Halim Tutup Sementara, Penerbangan Dipindah Ke 5 Bandara Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA