Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 19 Jan 2022 14:15 WIB

TRAVEL NEWS

Yuk, Ketahui Fakta Menarik dari Benua Asia dan Amerika

Tim detikcom
detikTravel
Benua Asia
Foto: Google Earth
Jakarta -

Ada tujuh benua yang memiliki ciri khas masing-masing. Traveler tahu apa saja?

Dikutip dari India Today, ketujuh benua tersebut adalah Asia, Afrika, Eropa, Australia, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Antarktika. Namun, meski ada tujuh benua di dunia, jumlah daratan hanya 29 persen dari total dunia.

Sementara 71 persen lainnya terdiri dari sungai dan lautan. Pada awalnya, benua tersebut terdiri dari satu daratan yang terpisah karena berbagai peristiwa alami.

Nah, dari tujuh benua, Asia dan Amerika lah yang paling banyak dihuni. Berikut karakteristik Benua Asia dan Amerika:

1. Benua Asia

Luas daratan benua Asia mencapai 44.579.000 km persegi. Di dalamnya ada 48 negara.

Jika populasinya mencapai lebih dari 4.436.00 jiwa, berarti benua asia memiliki penduduk terbanyak di dunia. Ini tak mengherankan, karena lima negara Asia berada dalam 10 besar negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

Sementara itu, dengan luasnya yang mencapai 30 persen dari total daratan bumi, asia menjadi benua terbesar di antara yang lain. Tak hanya itu, Benua Asia memiliki puncak tertinggi di dunia, yaitu Gunung Everest. Tingginya mencapai 8.848 meter!

Totalnya, ada 10 gunung tertinggi di dunia yang letaknya di Benua Asia. Selain itu, benua ini juga memiliki dataran tertinggi di dunia, namanya dataran tinggi Tibet atau biasa disebut 'Atap dunia.'

2. Benua Amerika

Amerika Utara:

Amerika Utara memiliki lima zona waktu dan memiliki tiap tipe iklim. Benua ini merpakan wilayah yang ditemukan Amerigo Vespucci dan dikenal sebagai dunia baru.

Benua Amerika Utara menjadi yang terpadat dengan tingkat populasi 22,9 per km persegi. Ada danau yang segar dan terluas di dunia, namanya Danau Superior.

Tak hanya punya danau luas, ada sungai terpanjang ketiga di dunia, yaitu Mississippi. Panjangnya mencapai 3.778 km.

Amerika Selatan:

Benua Amerika Selatan memiliki sungai dengan volume terbesar dan terpanjag kedua di dunia, yaitu Sungai Amazon. Panjangnya mencapai 6.440 km.

Terdapat pula air terjun tertinggi di dunia yang dikenal dengan Angel Falls. Tak hanya itu, dua Gunung Api Cotopaxi dan Chimborazo yang tertinggi di dunia juga ada di benua ini.

Lalu, ada juga danau air asin terbesar di dunia, Salar de Uyuni atau Uyuni salt flats. Danau Titicac di ketinggian 3.800 meter juga bisa ditemui di Benua Amerika Selatan. Lokasinya bahkan membuatnya menjadikannya danau tertinggi di dunia.



Simak Video "Bagaimana Benua Sundaland Bisa Tenggelam?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA