Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 01 Mar 2022 11:17 WIB

TRAVEL NEWS

Citra Satelit Hanggar Pesawat Terbesar di Dunia AN-225 Dihancurkan Rusia

Hanggar Antonov AN-225 Mriya hancur
Hanggar Antonov AN-225 Mriya hancur (Foto: CNN)
Jakarta -

Pesawat terbesar di dunia, Antonov AN-225 Mriya, dikabarkan dihancurkan oleh Rusia dalam invasinya ke Ukraina. Begini penampakannya dari satelit.

Melansir CNN, Selasa (1/2/2022), citra satelit dari Maxar Technologies menunjukkan kerusakan signifikan pada bagian hanggar di Pangkalan Udara Hostomel. Itu adalah tempat pesawat Antonov AN-225 Mriya disimpan dan diperbaiki.

Dalam pernyataan dari perusahaan operator Antonov AN-225 Mriya, mengatakan bahwa pesawat itu berada di dekat Kiev pada 24 Februari. Armadanya sedang menjalani perawatan.

"Menurut direktur Antonov Airlines, salah satu mesin dibongkar untuk diperbaiki dan pesawat tidak bisa lepas landas hari itu, meskipun perintah yang sesuai telah diberikan," katanya.

Ukrainian President Volodymyr Zelenskyy speaks to the media during a news conference with the world's largest airplane, Ukrainian Antonov An-225 Mriya in the background at the Antonov aircraft factory in Kyiv, Ukraine, Thursday, May 20, 2021. (AP Photo/Efrem Lukatsky)Presiden Volodymyr Zelenskyy di depan Antonov An-225 Mriya (AP Photo/Efrem Lukatsky)

Citra satelit dari Maxar Technologies menunjukkan kerusakan signifikan pada bagian hanggar tempat pesawat Antonov AN-225 Mriya disimpan.

Sementara itu, Fire Information for Resource Management System NASA mendeteksi beberapa kebakaran di bandara, termasuk di hanggar tempat pesawat disimpan. Kebakaran di hanggar itu terdeteksi pada pukul 11.13 WIB, Minggu. Menurut NASA, datanya diperoleh dari sejumlah satelit, yakni NOAA dan NASA.

Tidak jelas apakah kebakaran di bandara ini adalah akibat dari kebakaran yang sebenarnya atau ledakan dari serangan militer.

Pasukan Rusia mengklaim telah merebut lapangan terbang Hostomel, tempat AN-225 berada, pada hari Jumat. Tim CNN di lapangan menyaksikan pasukan lintas udara Rusia mengambil posisi.

Jika dikonfirmasi, serangan itu akan menandai akhir yang mengejutkan bagi sebuah pesawat yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun sejak zaman Uni Soviet.



Simak Video "Mengenal Pesawat Antonov AN-225 yang Hancur Diserang Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA