Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Mar 2022 05:41 WIB

TRAVEL NEWS

Hidangkan Arakbica, Ini Sepotong Bali di Selatan Jakarta

Arakbica
Foto: Peluncuran Arakbica (Tasya Khairally/detikcom)
Jakarta -

Sebuah restoran dengan hidangan khas Bali terdapat di kawasan M Bloc Space, Blok M, Jakarta Selatan. Di dalamnya terdapat pula Arakbica, kombinasi arak Bali dan kopi kintamani.

Twalen Warong menghidangkan berbagai makanan khas Bali seperti nasi campur, sate lilit, hingga ayam betutu. Minuman khasnya, Arakbica dicetuskan oleh seorang pengrajin bernama Agung Hadi Perwira. Agung yang semula bekerja di industri perhotelan berhenti karena pandemi COVID-19. Dengan ilmu yang sudah ada, dia banting stir dan memutuskan membuat arak.

Arakbica diproduksi dengan bahan baku yang diambil langsung dari petani arak di Karangasem dan petani kopi Kintamani, Bangli, Bali. Dimulai dari penyadapan nira, proses fermentasi, dua kali distilasi sampai dengan pembuatan cold brew coffee,seluruhnya dikontrol ketat dan diproses di sebuah pabrik rumahan di daerah Jalan Panji, Badung, Bali.

Meski berskala UKM, pabrik Arakbica memiliki izin usaha, sertifikat BPOM, bea cukai, dan telah mendapatkan The International Organization for Standardization.

"Kami ingin mengagregasi produk dan petani arak Bali. Bermula dari Arakbica, semoga dalam perjalanannya Twalen Spirit bisa bertemu dengan artisan minuman lokal lainnya se-Nusantara," kata Wena Wahyudi, pendiri Twalen Spirit dan Twalen Warong.

ArakbicaArakbica Foto: (dok.Twalen)


Itu didukung oleh cofounder sekaligus CEO M Bloc Space, lokasi Twalen. Arakbica dikatakan bisa menyejahterakan para petani yang terlibat dalam proses pembuatan Arakbica.

"Twalen Spirit dengan produk pertamanya, Arakbica, tak hanya sekadar menjanjikan kebahagiaan bagi yang mencicipinya, namun juga menjadi bagian integral dari sebuah supply chain yang panjang ekosistem arak di Bali dari hulu hingga ke hilir dan mampu membuka lapangan pekerjaan serta menjanjikan kesejahteraan bagi para petani yang terlibat di dalamnya," tutur Handoko Hendroyono.



Simak Video "Gempa M 4,4 Guncang Kuta Bali, Terasa hingga Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA