Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 16 Mar 2022 12:09 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Pelesir ke Labuan Bajo Layaknya Delegasi G20? Cek Rekomendasi Ini!

Indonesia Travel
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Indonesia telah resmi memulai Presidensi G20 Indonesia. Meski tuan rumah gelaran bertaraf internasional ini berpusat di Bali, berbagai daerah lain #DiIndonesiaAja bakal turut memeriahkan G20 Indonesia dengan menjadi tuan rumah side events.

Bertajuk 'The 2nd Asia International Water Week (AIWW)', side events G20 ini berlangsung pada 14-16 Maret 2022 di Labuan Bajo. Destinasi Wisata Super Prioritas ini disiapkan Kemenparekraf untuk menjadi lokasi side events G20 Non Substantive. Para delegasi ditawarkan untuk melakukan kunjungan ke destinasi pariwisata #WonderfulIndonesia Labuan Bajo dengan enam paket post tour.

Enggak mau kalah dengan para delegasi G20? Kamu juga bisa berlibur sendiri di Labuan Bajo dan menikmati keindahan pariwisata di sana.

Kamu bisa melihat beberapa tempat menarik di Labuan Bajo melalui akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia. Kamu juga bisa mengunjungi rekomendasi wisata Labuan Bajo yang layak untuk dicoba seperti berikut ini!

1. Berlayar dari Pulau ke Pulau Naik Pinisi Mewah

Indonesia Travel Foto: Dok. Situs Indonesia Travel

Mau menikmati indahnya Labuan Bajo dengan kapal mewah? Berwisata dengan pinisi cocok untuk kamu yang ingin bepergian dari satu pulau ke pulau lain dengan santai. Dengan kapal ini, kamu bisa mengunjungi pulau-pulau di sepanjang Selat Sape yang memisahkan Bajo, yakni Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Pulau Komodo. Adapun ketiga pulau utama yang wajib dikunjungi ini terletak di Flores dan Sumbawa.

Tak puas hanya dengan mengitari pulau-pulau ini? Kamu bisa berwisata air seperti snorkeling atau diving melihat keindahan biota laut. Menariknya, kamu juga bisa berenang dikelilingi ikan-ikan pari di Manta Point.

Buat kamu yang tak suka wisata air, tak perlu bersedih. Sebab, kamu dapat menikmati keindahan alam Labuan Bajo dengan trekking di Pulau Padar atau Pulau Komodo. Bahkan, beberapa paket wisata juga menawarkan fasilitas bermalam di kapal pinisi loh. Bayangkan saja betapa indahnya menikmati dinner di atas kapal sambil melihat indahnya langit bertabur bintang. Ditambah kamu bisa menikmati sunrise di pagi hari atau sunset menjelang malam.

2. Diving Explore di Labuan Bajo

Indonesia Travel Foto: Instagram/floresdivingcenter

Labuan Bajo memang menjadi salah satu destinasi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Tak heran jika destinasi ini menjadi favorit para wisatawan untuk diving. Apalagi Labuan Bajo memiliki banyak spot-spot diving yang cantik nan eksotis. Salah satunya seperti Batu Bolong Reef. Saking cantiknya, Batu Bolong Reef sering disebut sebagai salah satu spot diving terbaik di dunia loh. Sebab, di sini kamu bisa melihat pesona ikan warna-warni dan terumbu karang yang cantik.

Ada pula Manta Point, yang menghadirkan pengalaman diving bersama satwa air langka, yaitu manta ray atau ikan pari manta. Menariknya, kamu bisa membelai dan memberi makan mereka loh, namun tentunya dengan pengawasan dari pemandu. Selain manta ray, kamu bisa melihat sekelompok ubur-ubur yang berenang. Seru sekali, bukan?

Nah, buat kamu yang ingin menjelajah keindahan bawah laut Labuan Bajo, kamu bisa coba diving di Flores Diving Center. Tak perlu takut merusak keindahan alam selama diving karena Flores Diving Center menerapkan konsep eco diving. Jadi, kamu tak hanya bisa menikmati keindahan laut, tapi juga melestarikan kekayaan laut Labuan Bajo.

Berdiri tahun 2013, Flores Diving Center menawarkan diving dan snorkeling dengan berbagai spot menarik. Selama diving, kamu pun bisa melihat aneka biota laut mulai dari ikan pari, nemo, kura-kura laut, hingga terumbu karang yang berwarna-warni. Bahkan, di sini kamu juga bisa mengikuti dive course dengan para tenaga profesional di bidangnya sehingga terjamin keamanannya.

Buat kamu yang tak begitu suka aktivitas air, masih banyak tempat-tempat lain yang dapat kunjungi. Kamu bisa melihat destinasi wisata Labuan Bajo lainnya di akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia. Kamu juga bisa ikuti Pesona Punya Kuis (PUKIS) di laman Instagram tersebut untuk raih hadiah jutaan rupiah dari Kemenparekraf.

3. Nikmati Senja di Puncak Waringin

Indonesia Travel Foto: Situs Indonesia Travel

Menikmati keindahan alam Labuan Bajo dari bawah laut tentunya belum cukup. Kamu juga wajib menikmati keindahan Labuan Bajo dari ketinggian Puncak Waringin. Dengan ketinggian 45-54 meter di atas permukaan laut, Puncak Waringin menawarkan pemandangan Labuan Bajo yang eksotis. Bahkan, kamu juga bisa loh menikmati cantiknya senja dari atas sini.

Meski berada cukup tinggi, kamu tak perlu khawatir kelelahan. Sebab, di sini terdapat beberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai dan beristirahat. Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa mengunjungi gedung utama dengan arsitektur bergaya rumah adat Manggarai yang berada di sebelah area Gardu Pandang Puncak Waringin. Memiliki atap berbentuk kerucut, bangunan ini juga punya viewing deck yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan.

Dan yang paling menarik, Puncak Waringin berjarak tak sampai 2 km dari Bandara Komodo loh. Dengan begitu, kamu bisa sampai ke sini hanya dalam waktu sekitar 5 menit jika menggunakan mobil. Ingin lebih lama bersantai di tempat wisata ini? Sekarang area sekitar Puncak Waringin juga terdapat hotel dan restoran sehingga kamu tak perlu bingung jika ingin menginap dan menyantap makanan khas NTT di sini.

4. Santai di Kafe, Kunjungi Atlantis Beach Club

Indonesia Travel Foto: Instagram/pl.komodoisland

Sudah puas menjelajahi keindahan alam Labuan Bajo? Kini saatnya kamu mengistirahatkan badan dengan bersantai di Atlantis Beach Club. Kafe dan restoran dengan konsep unik ini tentunya akan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan liburan di sana. Sebab, Atlantis Beach Club memiliki bangunan utama berbentuk sebuah kapal pinisi yang pernah karam. Kapal ini kemudian direnovasi dan diberikan sentuhan maestro sehingga menjadi salah satu beach club terunik dan termegah di Labuan Bajo.

Bukan hanya itu, Atlantis Beach Club juga menawarkan keindahan dan keanggunan artistik warisan alam Indonesia di sekelilingnya. Di sini, kamu bisa santai sambil menikmati keindahan Taman Nasional Komodo dan hamparan pantai yang luas. Adapun momen terbaik untuk berkunjung ke sini adalah sore hari. Dengan demikian, kamu bisa melihat indahnya matahari terbenam yang dipadukan dengan cantiknya lampu-lampu gantung di sini.

5. Belanja Produk Ekraf di Galery Komodo Gift Shop

Indonesia Travel Foto: Dok. Situs Indonesia Travel

Berwisata ke Labuan Bajo belum lengkap rasanya jika tak membeli cenderamata, termasuk produk-produk khas NTT. Dari sekian banyak toko oleh-oleh, kamu bisa melipir ke salah satu toko oleh-oleh yang terkenal di Labuan Bajo, yaitu Gallery Komodo Gift Shop.

Terletak di kompleks destinasi wisata Gua Batu Cermin, Labuan Bajo, Galery Komodo Gift Shop menyediakan aneka oleh-oleh mulai dari tenun khas NTT, pakaian, mutiara, hingga gantungan kunci. Ada pula makanan khas NTT seperti kacang timor, kopi manggarai, madu hutan, hingga abon ikan.

Menariknya, produk-produk makanan ini merupakan hasil produksi dari warga setempat. Dengan membeli produk tersebut, kamu jadi bisa ikut mendorong produk UMKM Labuan Bajo. Terlebih saat ini Menparekraf, Sandiaga Uno turut mendorong bangkitnya UMKM lokal lewat event G20.

"Ekonomi kreatif adalah salah satu sektor yang sedang bangkit dan tangguh selama pandemi dengan pemanfaatan platform digital," ucap Sandiaga dikutip dari situs resmi Kemanparekraf.go.id

"Oleh karena itu, penting bagi G20 untuk tidak melupakan partisipasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta masyarakat lokal dalam mendukung dan menggerakkan pariwisata dan ekonomi kreatif," imbuhnya.

Tak sempat membeli banyak oleh-oleh di Galery Komodo Gift Shop? Jangan khawatir, karena kamu juga bisa beli kreatif lokal khas NTT. Salah satunya seperti koleksi produk fesyen mulai dari masker, kemeja, kain, tas hingga blouse dari Copa de Flores dan Du Anyam.

Meski sedang berlibur, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketat berupa 6M walaupun beberapa tempat di atas telah tersertifikasi CHSE dari Kemenparekraf. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama. Pastikan juga kamu sudah melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat sebelum liburan.



Simak Video "Indonesia Ajukan Diri Jadi Dewan Eksekutif Organisasi Pariwisata Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA