Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Mar 2022 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Nyaman dan Keren, Bangunan Seharga Rp 0,5 M Ini dari Pesawat

Bangunan dari badan pesawat
Foto: CNN
Jakarta -

Mereka mengubah pesawat tua menjadi kantor. Tak hanya itu, badan pesawat itu jadi bangunan yang terlihat nyaman dan multifungsi.

"Kami benar-benar tidak berniat menjualnya," kata Kevin Regan melalui telepon dari barat laut Irlandia, melansir CNN, Kamis (17/3/2022).

Ia mengubah sepotong pesawat menjadi kantor dan menjadi proyek pribadi pada tahun 2021. Tetapi, setelah saudara memasang foto kabin pesawat itu di media sosial, permintaan bergulir dan menjadi bola salju.

Sekarang, Regan dan mitra bisnisnya, Shane Thornton telah memulai perusahaan sendiri bernama Aeropod. Mereka mendaur ulang pesawat komersial menjadi kantor, pod glamping, dan akomodasi siap pakai.

Mereka hanya menghabiskan sekitar USD 110 atau Rp 1,5 juta sejauh ini untuk iklan. Tapi mereka telah menjual 11 pod dan bersiap untuk mengirim ke lebih banyak klien.

Bangunan dari badan pesawatBangunan dari badan pesawat bisa menjadi kantor (Foto: CNN)

Pesawat dibuat agar bisa tahan lama. Dan dengan sekitar 15.000 pesawat diperkirakan akan pensiun dalam 20 tahun ke depan, pasokan bahan baku tetap tersedia untuk dibongkar dan didaur ulang.

Pesawat pertama yang mereka tangani dari maskapai IndiGo, yakni Airbus A320. Pesawat itu diparkir di Bandara Cardiff di Wales.

Pod awal membutuhkan empat bulan penyetelan untuk mendapatkan desain yang mereka cari. Pod tersedia dalam ukuran yang disesuaikan, mulai dari tiga jendela mungil hingga 10 jendela yang luas dengan kamar tidur, kamar mandi dalam, dan dapur kecil.

Bangunan dari badan pesawatBangunan dari badan pesawat (Foto: CNN)

Kabin penyimpanan di atas dilepas, tetapi tirai jendela masih bisa ditarik ke bawah seperti sebelumnya. Semuanya, termasuk lantai adalah pesawat asli.

Harga pod pesawat itu mulai sekitar €20.000 dan naik menjadi sekitar €37.000 untuk yang paling mewah. Ini adalah hari-hari awal untuk Aeropod, tetapi mereka berharap dapat memperluas operasi ke Inggris dan terbuka untuk komisi dari mana pun.

Aeropod bukan satu-satunya perusahaan yang beroperasi dalam pesawat daur ulang. Sebuah jet British Airways yang dinonaktifkan telah dilahirkan kembali sebagai pesawat pesta seharga USD 1.300 per jam untuk disewa di Bandara Cotswold Inggris.



Simak Video "Pesawat Twin Otter Berisi 22 Orang Hilang Kontak di Nepal"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA