Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 20 Mar 2022 06:43 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal 5 Jenis Badak di Dunia, Ada Apa Saja Sih?

22 September diperingati sebagai hari badak sedunia. Satwa paling ikonik dengan tanduknya yang khas ini terus terancam punah.
Foto: (AP Photo/Schalk van Zuydam)
Jakarta -

Traveler tahu, ada lima jenis badak yang hidup di dunia. Mereka berada di benua Afrika dan Asia.

Mengutip kiriman instagram KLHK dari btn_waykambas, badak yang hidup di benua Afrika ada dua jenis. Pertama badak hitam (Diceros bicornis) yang tersebar di beberapa negara benua Afrika Timur dan tengah termasuk Kenya, Tanzania, Afrika Selatan dan Namibia. Menurut daftar merah IUCN (International Union for Conservation Nature), status konservasinya adalah kritis.

Kedua, badak putih (Ceratotherium simum). Jenis badak ini hidup di bagian utara dan selatan benua Afrika. Status konservasinya adalah hampir terancam.

Sementara itu, di benua Asia, ada tiga jenis badak, yaitu badak india, badak jawa dan badak sumatera. Badak india (Rhinocerus unicornis) bisa ditemui di wilayah Assam, India dan Nepal. Badak ini hidup di padang rumput dan hutan di kaki pegunungan Himalaya. Statusnya ialah rentan.

Badak jawa atau badak Sunda (Rhinoceros sondaicus) disebut dengan badak bercula satu. Kini, badak yang memiliki status kritis ini berada di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Anak badak jawa yang baru lahir di Ujungkulon.Anak badak jawa yang baru lahir di Ujungkulon. Foto: (dok KLHK)

Terakhir, badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) biasa disebut badak berambut. Jenis ini dikenal dengan badak bercula dua.

Namun sayang, populasinya kini semakin terancam punah, status konservasinya ialah kritis, bahkan jumlahnya tak lebih dari 80 ekor. Keberadaannya kini hanya ada di Pulau Sumatera, tepatnya di Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Taman Nasional Gunung Leuser dan Kalimantan Timur.



Simak Video "Beberapa Dekade Dianggap Punah, Badak-badak Berkeliaran di Mozambik"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA