Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Mar 2022 23:40 WIB

TRAVEL NEWS

Seperti Abramovich, Superyacht Rp 9,4 Triliun Putin Juga Terancam Disita

7 Fakta Kuliner Vladimir Putin, Termasuk Rasa Es Krim Favoritnya
Presiden Rusia Vladimir Putin (Getty Images via Mashed)
Moskow -

Tak hanya pemilik klub Chelsea Roman Abramovich yang superyachtnya disita. Superyacht milik Presiden Rusia Vladimir Putin juga terancam disita.

Sebuah kapal pesiar mewah alias superyacht bernilai US$700 juta atau setara Rp 9,4 triliun yang berlabuh di pantai barat Italia disebut-sebut milik Presiden Rusia Vladimir Putin. Kapal yang diberi nama Scheherazade ini sedang diselidiki oleh otoritas Italia untuk memburu pemilik asli superyacht.

Hal ini diungkap oleh aktivis-aktivis yang bekerja sama dengan Alexei Navalny, pemimpin oposisi Rusia yang sedang dipenjara, dalam melacak aset milik orang-orang kaya Rusia, dilansir detikTravel dari The Guardian, Rabu (23/3/2022).

Dalam sebuah video yang dipublikasikan di YouTube, Jurnalis Investigasi Maria Pevchikh, dan aktivis anti-korupsi Georgy Alburov, mengklaim bahwa beberapa staf kapal pesiar merupakan bagian dari Layanan Perlindungan Federal Rusia (FSO).

FSO adalah sebuah badan yang mengelola keamanan untuk pejabat tinggi Rusia, termasuk Putin.

"Mereka adalah pegawai negara Rusia dan personel militer yang secara teratur melakukan perjalanan ke Italia untuk merawat dan bekerja di kapal pesiar misterius itu," tulis Pevchikh dalam sebuah cuitan Twitter.

Kabarnya, kapal yang panjangnya sekitar 140 meter ini dilengkapi dengan spa, kolam renang, dua helipad, perapian kayu bakar dan meja biliar yang dirancang miring untuk mengurangi dampak gelombang.

Seorang sumber di unit polisi keuangan di Carrara mengatakan, mereka sekarang mengetahui siapa pemiliknya dan akan segera membuat pengumuman.

Investigasi oleh surat kabar La Stampa awal bulan ini telah menghubungkan kapal itu dengan Eduard Yurievich Khudainatov, mantan presiden perusahaan minyak negara Rusia Rosneft, melalui perusahaan cangkang yang terdaftar di Kepulauan Marshall.

Namun, polisi Italia yakin bahwa Khudainatov bukanlah pemilik sebenarnya dari kapal pesiar tersebut.

"Dia tampaknya orang yang terhubung dengan lingkaran dalam Putin tetapi tidak cukup kaya untuk memiliki kapal pesiar sebesar Scheherazade," ujar Jacopo Lacoboni, Jurnalis La Stampa yang melakukan penyelidikan.

Sebelumnya, dalam pidato di parlemen Italia, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak Italia untuk menyita kapal pesiar itu, menambahkan bahwa Putin dan pendukungnya yang kaya sering berlibur di Italia dan aset mereka harus diblokir.

"Jangan menjadi tempat persembunyian bagi para pembunuh. Blokir semua aset properti, akun dan kapal pesiar mereka. Mulai dari Scheherazade hingga yang terkecil," tandasnya.



Simak Video "Abramovich Tak Dapat Sepeser Pun dari Penjualan Chelsea!"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA