Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Mar 2022 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Taliban Larang Perempuan Naik Pesawat Tanpa Mahram

Femi Diah
detikTravel
Bandara di Ibu Kota Afghanistan kembali beroperasi usai dikuasai Taliban. Sejumlah penerbangan domestik pun diketahui telah kembali mengudara. Ini fotonya.
Foto: AP Photo/Wali Sabawoon
Jakarta -

Taliban memerintahkan maskapai penerbangan di Afghanistan tidak menerima penumpang perempuan, kecuali didampingi pria mahramnya. Aturan itu berlaku untuk penerbangan domestik dan internasional.

Dikutip dari Reuters, Senin (28/3/2022), belum ada detail aturan dan syarat penerbangan untuk wanita itu. Termasuk adakah pengecualian dikarenakan sejumlah penyebab.

Misalnya, terkait keadaan darurat atau si wanita tidak memiliki kerabat pria yang tinggal di negara itu. Selain itu, apakah aturan itu berlaku bagi orang asing atau wanita dengan kewarganegaraan ganda.

Sumber, yang tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan, menyebut aturan penerbangan perempuan itu dikirim Kementerian Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan kepada maskapai penerbangan akhir pekan lalu.

Muncul sejumlah spekulasi akibat aturan itu. Ada yang bilang wanita tanpa pendamping, yang telah memesan tiket, akan diizinkan melakukan perjalanan pada hari Minggu dan Senin. Tetapi, penumpang perempuan lain ditolak terbang di Bandara Kabul.

Juru bicara Kementerian Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan dan Kementerian Kebudayaan dan Informasi tidak segera menanggapi ketika dimintai komentar.

Langkah itu menambah panjang daftar pelanggaran komitmen Taliban. Sebelumnya, Taliban juga membatalkan rencana pembukaan sekolah bagi perempuan

Batalnya pembukaan sekolah bagi anak perempuan mengejutkan warga Afghanistan dan menuai kecaman dari lembaga kemanusiaan dan pemerintah asing.

Simak Video 'Perempuan Afghanisan Protes ke Taliban yang Batalkan Izin Bersekolah':

[Gambas:Video 20detik]



(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA