Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Apr 2022 15:25 WIB

TRAVEL NEWS

Pemerintah Bebaskan Lagi Visa untuk Negara ASEAN

Bendera Negara ASEAN
Pemerintah membebaskan visa negara ASEAN (Foto: Dokumen asean.org)
Jakarta -

Seiring pandemi COVID-19 yang mulai terkendali pemerintah mulai berani melonggarkan aturan buat pelaku perjalanan luar negeri. Selain menambah jumlah bandara, pemerintah juga membebaskan visa untuk negara-negara ASEAN.

Hal tersebut disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan Keterangan Pers Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Kantor Presiden, yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (4/4/2022).

Untuk negara non ASEAN, pemerintah memberlakukan kebijakan visa on arrival. "Sudah arahan presiden, visa ASEAN bebas lagi, dan negara lain visa on arrival," ujar Airlangga.

Pembebasan visa untuk kunjungan dari negara-negara ASEAN ini sebelumnya sempat disuarakan oleh para pelaku wisata. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mengusulkan pemerintah menerapkan bebas visa untuk negara ASEAN.

Pengusaha memproyeksi kebijakan itu mengerek tingkat okupansi hotel hingga 40 persen pada 2022.

"Kami mengusulkan justru bebas visa seperti dulu. Dulu, Indonesia memberikan free visa untuk negara ASEAN dan yang datang 14 juta (orang ke Indonesia) pada 2019 dan yang ke Bali itu 6,3 juta," ungkap Wakil Ketua Bidang Budaya Lingkungan dan Humas Badan Pengurus Daerah PHRI Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (29/3) lalu.

Negara ASEAN yang dimaksud seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam.



Simak Video "Visa on Arrival Berlaku di Bali untuk 23 Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA