Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Apr 2022 09:01 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Kerajaan-Kerajaan Tertua di Indonesia

Tim detikcom
detikTravel
kerajaan kutai
Foto: Kerajaan Kutai (istimewa)
Jakarta -

Indonesia memiliki kerajaan yang memiliki kejayaan saat dulu kala. Yuk kenali tujuh di antaranya.

Berdasarkan buku sejarah SMP/MTS (KTSP) karya Dr Nana Nurliana Soeyono, MA dan Dra Sudarini Suhartono, MA, berikut adalah empat kerajaan tertua di Indonesia.

1. Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai dianggap jadi salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Lokasinya berada di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Bukti sejarah saat ditemukannya Kerajaan Kutai yaitu adanya tujuh tiang yang disebut Yupa. Diberitakan sebelumnya oleh detikcom, ada 4 yang berhasil diterjemahkan. Prasasti ini menjelaskan tentang kehidupan Raja Mulawarman.

Tiang-tiang yupa dipahat dengan tulisan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Dari bentuk huruf dan jenisnya, diperkirakan yupa berasal dari sekitar tahun 400 Masehi.

2. Kerajaan Tarumanegara

Adanya kerajaan Tarumanegara diketahui dari temuan batu tertulis (prasasti) di Bogor, Jawa Barat. Kerajaan Tarumanegara disebut sejaman dengan Kerajaan Kutai, yaitu pada abad ke 5 Masehi.

Nama Raja dari kerajaan ini yaitu Purnawarman. Kala itu, rakyatnya menganut agama tradisional (animisme), termasuk pemujaan terhadap arwah nenek moyang.

3. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya berdiri pada abad ke 7 Masehi. Kerajaan ini menganut agama Buddha di Sumatera Selatan.

Kerajaan ini berjaya pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa dari keluarga Syailendra. Namun pada abad ke 11, Kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran.

Hal ini disebabkan oleh serangan dari Raja Rajendracoladewa dari Kerajaan Colamandala di India pada tahun 1017 M, 1025 M dan 1068 M.

4. Kerajaan Mataram Kuno

Selanjutnya, kerajaan tertua di Indonesia lainnya yaitu Mataram Kuno. Kerajaan ini berdiri sekitar abad ke 8 M di Jawa Tengah.

Awalnya, Kerajaan Mataram Kuno diperintah oleh Raja Purbasoka. Namun keponakannya, Sanjaya membalas kematian pamannya dan menjadi Raja Mataram Kuno.

Selanjutnya, kerajaan islam tertua di Indonesia

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA