Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Apr 2022 23:10 WIB

TRAVEL NEWS

Candi Ini 8 Kali Lebih Besar dari Borobudur, Jokowi Minta Nadiem Segera Pugar

Kompleks Candi Muaro Jambi dilihat dari Google Earth.
Kompleks Candi Muaro Jambi Foto: Google Earth
Jambi -

Salah satu obyek wisata di Jambi adalah Candi Muaro Jambi. Saat berkunjung ke sana, Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim melanjutkan pemugaran Candi Muaro Jambi.

Jokowi beberapa hari lalu mengunjungi Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, untuk melakukan peninjauan Candi Kedaton. Dalam perjalanan menuju KCBN Muaro Jambi, Jokowi juga meninjau proyek peningkatan kualitas jalan akses Candi Muaro Jambi dan Pelabuhan Muara Sabak.

Saat memberikan keterangan, Jokowi meminta Nadiem untuk segera mengangkat situs-situs sejarah yang masih tertimbun di Candi Muaro Jambi sehingga bisa dilihat lebih jelas lagi betapa besarnya candi ini.

Candi Muaro JambiCandi Muaro Jambi Foto: (Syanti/detiktravel)

"Tahun ini akan dimulai lagi akan mengangkat beberapa titik-titik yang akan dikerjakan oleh Kemdikbud dan kita harapkan akan semakin menunjukkan betapa besarnya candi budaya kurang lebih 3.980 hektar diperkirakan kawasan ini yang dilingkari oleh sebuah kanal besar yang nanti akan diangkat dan diperlihatkan, diperbaiki atau direstorasi," ujar Jokowi.

Saat ini, lanjut Jokowi, begitu masuk Candi Muaro Jambi, ada tumpukan bata yang sudah berusia 1000 tahun. Kawasan Candi saat abad ketujuh sudah menjadi pusat pendidikan yang terbesar di Asia.

"Karena ini abad 7 menunjukkan saat itu teknologi sudah ada, tanpa semen tapi bangunan bisa didirikan dan ini adalah pusat pendidikan pada abad ketujuh termasuk yang terbesar di Asia. Bukan hanya yang berkaitan dengan teologi tetapi di kawasan cagar budaya Muaro Jambi ini juga dulunya menjadi pusat pendidikan bagi kedokteran dan obat-obatan kemudian filsafat, arsitektur dan seni dan lain-lain. Artinya apa? peradaban kita saat itu sudah internasional dan terbuka, inilah sejarah yang perlu kita lestarikan agar jejak-jejak peradaban kita di bidang pendidikan bisa kita ketahui," papar Jokowi.

Pohon berpelukan di Candi Muara JambiPohon di Candi Muaro Jambi Foto: Syarif Abdullah/Antara

Berikut beberapa fakta mengenai Candi Muaro Jambi

1. Kampus yang Sudah Berdiri Ratusan

Menteri Nadiem beberapa waktu lalu mengatakan Candi Muaro Jambi ini menjadi pusat pendidikan pada ratusan tahun yang lalu. "Ini adalah kampus yang sudah berdiri pada ratusan tahun yang lalu. Menurut saya, prototipe Kampus Merdeka ada disini, karena ada murid-murid datang dari India, Tiongkok, dan Tibet. Mereka sudah belajar di luar kampus asalnya dan pergi ke sini (Candi Muaro Jambi) untuk menekuni berbagai macam ilmu, lalu mereka kembali ke kampusnya masing-masing. Di kawasan percandian ini lah pusat pendidikannya," ujar Menteri Nadiem.

2. Ukuran 8 kali lebih luas dari Borobudur

Keunikan yang kedua, lanjut Menteri Nadiem, luas kompleks Candi Muaro Jambi adalah yang terluas di Asia Tenggara. Untuk diketahui, luas komplek Candi Muaro Jambi mencapai 3.981 hektare yang setara dengan delapan kali lebih luas dari pada Candi Borobudur.

Candi Muaro Jambi membentang sepanjang 7,5 kilometer dari barat ke timur tepian Sungai Batanghari. "Kalau kita serius melakukan restorasi pada situs ini, situs ini akan membuat bukan hanya tempat kunjungan bagi masyarakat Indonesia, tapi masyarakat dunia," ujar Mendikbudristek.

3. Bakal Jadi Destinasi Berbasis Budaya

Menteri Nadiem berkomitmen untuk memperjuangkan situs Muaro Jambi menjadi area prioritas destinasi berbasis kebudayaan yang dapat mengangkat nama Indonesia di panggung dunia sebagai salah satu tuan rumah situs dunia.

4. Diajukan ke UNESCO

Candi Muaro Jambi juga sudah diajukan ke UNESCO untuk dijadikan sebagai salah satu warisan budaya dunia sejak 2009. Namun, hingga saat ini situs ini belum juga diakui sebagai salah satu situs peninggalan dunia.

"Kami ingin sekali mengembangkan kawasan cagar budaya ini. Dan sekarang kami serahkan kepada Mas Menteri untuk dikembangkan, semoga bisa mendunia nanti," ujar Gubernur Jambi Al Haris seperti dikutip situs Kemdikbud RI.



Simak Video "Jelajah Candi Muaro Jambi yang Dikunjungi Jokowi hingga Sandiaga"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA