Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Apr 2022 13:59 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Salah, Bandara Sumenep Sudah Ada Sejak Tahun 1979!

Tim Detikcom
detikTravel
Bandara Trunojoyo diresmikan jokowi
Foto: Ahmad Rahman
Sumenep -

Bandara Trunojoyo Sumenep diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada hari ini. Jangan salah ya, bandara ini sudah berusia 51 tahun.

Kepala Bandara Trunojoyo Sumenep M Arqodri Arman mengatakan bandara ini telah ada sejak lama.

"Bandar udara Trunoyo itu sebenarnya sudah lama juga ya. Bandara Trunojoyo ini dibangun mulai tahun 1979. Landasan pacu yang dimiliki pada saat itu hanya 850 meter saja dengan lebar landasan 23 meter," kata Arqodri di YouTube Sekretariat Presiden yang dilihat detikJatim, Rabu (20/4/2022).

Sebelumnya, Bandara Trunojoyo dikelola Pemerintah Kabupaten Sumenep. Lalu pada tahun 2009, Bandara Trunojoyo diserahkan ke Kementerian Perhubungan.

"Sejak tahun 2009 tersebut, Bandara Trunojoyo melakukan layanan penerbangan keperintisan juga penerbangan LATI. Selanjutnya pada tahun 2010 dimulailah pengembangan Bandara Trunojoyo. Yang awalnya 850 meter panjangnya menjadi 1.600 meter yang tadi lebarnya 23 meter menjadi 30 meter," imbuhnya.

Sementara pengembangan ini dilakukan pada sejumlah hal. Tak hanya landasan pacu, namun juga lahan parkir pesawat.

Pembangunan Bandara Trunojoyo menggunakan APBN dengan menghabiskan dana Rp 57 miliar. Pembangunan ini dilakukan dengan tiga tahap. Saat ini, pembangunan telah memasuki tahap ketiga.

"Pengembangan tidak hanya pada landasan pacu, tapi kita juga mengembangkan lahan parkir pesawat menjadi 160 dikali 75," tambah Alqodri.

Bandara Trunojoyo ini sebelumnya telah melayani penerbangan komersial. Rutenya dari Surabaya menuju Sumenep. Namun, hal ini sempat terhenti karena dampak pandemi COVID-19.

***

Artikel ini telah tayang di detikJatim, baca berita selanjutnya di sini.



Simak Video "Jokowi-Prabowo Kompak Pakai Blangkon Saat Peresmian Bandara Trunojoyo"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA