Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Apr 2022 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Dia Roastery Kopi Tertua di Semarang

Tim detikcom
detikTravel
Pabrik penggilingan kopi Margo Redjo di Dharma Bourtique Roastery
Pabrik penggilingan kopi Margo Redjo di Dharma Bourtique Roastery (Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Ada kedai kopi unik di Semarang. Lokasinya di tepi jalan tetapi tidak mencolok, namanya Dharma Boutique Roastery.

Beralamat di Jalan Wotgandul Barat No.14, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Dharma Boutique Roastery tak begitu mudah ditemukan. Kedai ini berada tepat di sebelah rumah besar bergaya Belanda.

Sebuah pintu berwarna biru keabu-abuan menjadi pintu masuk ke kedai kopi ini. Begitu masuk, terlihat pekarangan rumah Belanda yang ternyata menjadi satu dengan kedai.

Kedai Dharma Boutique Roastery cukup mungil. Bagian dalamnya hanya ada satu ruangan yang berisi puluhan toples kopi. Traveler bisa membelinya dalam ukuran ons sampai kilogram.

Untuk yang tidak begitu paham kopi, tak perlu khawatir. Di sini kamu akan dibantu untuk menemukan rasa kopi yang kamu mau.

"Biji kopi kita cukup lengkap," ujar safar salah satu pegawai kepada detikTravel.

Seperti namanya, kedai kopi ini berfokus pada penjualan biji kopi. Mereka mendapatkan green beans atau biji kopi yang masih hijau dan disangrai di sana.

Yang membuat unik, traveler bisa melihat langsung proses sangrainya. Tak seperti kedai kopi kekinian, alat sangrai bisa dibilang jadul.

Alat sangrainya menggunakan gas sebagai bahan bakar dan diputar secara manual dengan tangan. Dalam waktu 10 menit, kopi akan tersangrai dengan sempurna.

"Bagi saya, bukan alat yang menentukan kualitas kopi tapi biji kopinya sendiri," Ujar Widayat Basuki Dharmowiyono, pemilik dari Dharma Boutique Roastery.

Karena fokusnya adalah berjualan biji kopi, Dharma Boutique Roastery tidak memberikan banyak menu untuk ditawarkan. Hanya ada kopi hitam.

Artikel soal kedai kopi unik di Semarang itu menjadi yang terpopuler di detikTravel kemarin.

Selain itu, dua artikel terpopuler lain detikTravel Rabu (20/4/2022) adalah soal imbauan jadwal mudik dan pesawat tidak bsia melintasi langit Tibet.

Berikut 10 besar artikel terpopuler detikTravel kemarin:





Simak Video "Celebrity on Vacation: Wisata Alam Pinggir Tebing di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA