Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 23 Apr 2022 23:29 WIB

TRAVEL NEWS

Simak, Ini 6 Cara untuk Mencegah Jet Lag!

Businessman sleeping in airport terminal
Foto: Ilustrasi jet lag (Getty Images)
Jakarta -

Jet lag menjadi hal yang sering dirasakan oleh penumpang saat turun dari pesawat. Ada nggak ya cara menghindarinya?

Melansir Travel+Leisure, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jet lag. Simak info berikut.


1. Minum air putih, hindari alkohol dan kafein

Minum kopi atau soda mungkin terasa enak saat sedang merasa lelah tapi itu bukan hal yang baik untuk tubuh. Sama halnya dengan mitos bahwa koktail, anggur atau bir bisa membantu traveler untuk tidur dan menghindari jet lag.

Hal utama yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan atau menghindari jet lag adalah menghidrasi tubuh. Nah, cara paling efisiennya adalah minum air putih.

2. Bergerak

Menurut The Points Guy, cara yang baik untuk menjaga darah mengalir dan mendapatkan oksigen ke otak adalah dengan bergerak. Hal ini bisa mengurangi risiko masalah kesehatan serius saat terlalu lama di penerbangan, misalnya pembekuan darah yang dikenal sebagai deep vein thrombosis.

Traveler bisa bangun dan bergerak sedikit setiap 30 menit. Namun ingat, jangan sampai mengganggu sesama penumpang ya.


3. Hindari Makanan Berlemak

Meningkatnya gas dan perut kembung tentu membuat penerbangan jadi tidak nyaman. Nah, hal yang harus traveler hindari adalah makanan berminyak atau apapun yang bisa memperburuk gas di perut.

Traveler bisa membawa camilan sehat seperti campuran kacang bebas gluten, makanan berenergi, buah, sayuran. Makanan ini bisa membantu tubuh tetap berenergi, terhidrasi dan tidak kembung.

4. Meringankan tekanan

Menurut Klinik Cleveland, menguap, menelan, mengunyah permen karet dan mengisap permen bisa membuka telinga bagian dalam. Hal ini tak hanya meredakan tekanan yang bisa membuat sakit kepala, tapi juga bisa mencegah gejala mabuk perjalanan dan penyakit ketinggian, karena membantu tubuh menyamakan dan mengembalikan keseimbangan.

Meredakan tekanan emosional atau mental juga penting. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan headphone, bantal yang nyaman atau berlatih meditasi untuk menghilangkan stres.

5. Minum Vitamin

Menurut healthline, vitamin C dan B adalah suplemen terbaik untuk dikonsumsi saat terbang. B12 bisa membantu meningkatkan mood, pembentukan sel darah merah dan memberikan energi. Sementara, vitamin C bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

6. Nikmati waktu traveler

Rencanakan waktu makan, nikmati perjalanan dari titik A ke titik B, tiba di manapun lebih awal sehingga traveler tak merasa terburu-buru. Lalu, jadwalkan waktu untuk memulihkan diri dari penerbangan sebelum melanjutkan perjalanan. Perjalanan akan semakin menyenangkan jika tubuh dalam kondisi prima.



Simak Video "Spesifikasi Indonesia One, Pesawat Kepresidenan RI yang Mungil "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA