Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Apr 2022 22:13 WIB

TRAVEL NEWS

Puncak Arus Mudik Jalur Nagreg Diprediksi Besok, Ini Titik Macetnya

Kepadatan arus lalu linats di jalur selatan Nagreg menjadi sedikit terhambat imbas pintu perlintasan kereta api.
Perlintasan Kereta Api Hambat Lalin di Jalur Nagreg (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Hari Jumat 29 April 2022, jumlah pemudik yang menggunakan jalur Nagreg, Jawa Barat terus meningkat. Dari catatan kepolisian, jumlah kendaraan yang datang dari Tol Cileunyi sejak tanggal 22 April lalu mencapai sekitar 25.000-30.000 kendaraan per harinya dengan puncak kemacetan diprediksi akan terjadi esok hari.

"Kemungkinan esok hari mungkin karena masyarakat masih harus mempersiapkan diri, kemungkinan esok hari, kami juga akan well prepared," ujar Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo dalam wawancara dengan tim detikcom, Jumat (29/4/2022).

Dari pantauan detikcom, jalur Nagreg yang menghubungkan Bandung dengan daerah lain di selatan Jawa seperti Garut, Tasikmalaya ini sudah semakin ramai sejak Rabu 27 April.

Waspada truk

Pemudik harus ekstra hati-hati karena di jalur ini masih banyak truk-truk bermuatan besar yang lalu lalang dan ada yang kami nilai tidak laik jalan. detikcom malah sempat melihat 1 truk melaju pelan di tanjakan yang mengeluarkan percikan api beberapa kali di bagian bawah kendaraannya. Percikan api itu terlihat jelas di malam hari.

Titik Rawan Kemacetan

Sementara itu mengutip detikJabar, ada beberapa titik rawan di jalur selatan Jawa Barat ini. Ada dua jalur mudik utama di Garut yang kerap dilintasi para pemudik. Kedua jalur tersebut adalah jalur Limbangan-Malangbong serta Kadungora-Leles.

Dari dua jalur tersebut, Jalan Limbangan-Malangbong adalah yang paling banyak dilalui karena merupakan akses utama dari Bandung menuju Tasikmalaya dan Jawa Tengah via Nagreg.

Sementara di Jalur Kadungora-Leles, pemudik yang melintasi jalanan tersebut rata-rata pemudik asal perkotaan Garut dan wisatawan yang melancong ke kawasan wisata seperti Cipanas dan Gunung Papandayan.

Di kawasan Limbangan, ada beberapa titik yang rawan terjadi kemacetan. Penyebabnya beragam, mulai dari aktivitas masyarakat hingga penyempitan badan jalan.

Salah satunya adalah Pasar Tradisional Limbangan, yang terletak di Jalan Raya Limbangan, Kecamatan Balubur Limbangan. Jalanan menjadi macet akibat adanya aktivitas di pasar tersebut. Lokasi pasar yang tepat di pinggir jalan membuat laju kendaraan melambat dan sering kali jadi biang kemacetan. Pasar Lewo juga menjadi salah satu titik kemacetan terutama di pagi hari.

Berikut ini merupakan titik-titik kemacetan di jalur mudik Limbangan-Malangbong dan Kadungora-Leles, Garut:

1. Kadungora-Leles

- Perlintasan Kereta Api Kadungora
- Pabrik sepatu, Leles

- Alun-alun Tarogong, Tarogong Kaler

2. Limbangan-Malangbong
- Pasar Limbangan

- Pasar Lewo, Malangbong

- Pasar Malangbong



Simak Video "Pemudik Mulai Berdatangan di Jalur Nagreg, Pemotor Mendominasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA