Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mei 2022 20:47 WIB

TRAVEL NEWS

Pertama Kali Mengunjungi Istana Tampaksiring, Ini Kesan Jokowi

Jokowi kunjungi Pura Tirta Empul di Bali
Jokowi saat mengunjungi Pura Tirta Empul di Bali yang berdekatan dengan Istana Tampaksiring (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Gianyar -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) libur lebaran di Bali. Jokowi berkunjung ke Istana Kepresidenan Tampaksiring, Bali. Rupanya inilah kali pertama Jokowi berkunjung ke istana Tampaksiring.

"Ini kunjungan pertama ke Istana Tampaksiring," ujar Jokowi dalam tayangan video di akun Sekretariat Presiden, Jumat (6/5/2022).

Jokowi mengatakan dirinya sudah puluhan kali datang ke Bali, tapi baru kali ini mengunjungi Istana Tampaksiring. "Kali ini saya bisa mengunjungi Istana Tampaksiring, yang juga saya lihat sangat terpelihara," ujar Jokowi.

Istana Tampaksiring adalah satu-satunya istana Presiden yang dibangun saat masa pemerintahan Indonesia, bukan sebagai bangunan peninggalan dari masa penjajahan Belanda. Istana Tampaksiring dibangun tahun 1963.

Pembangunan Istana Tampaksiring adalah atas prakarsa Presiden Sukarno. Presiden Sukarno kala itu menginginkan adanya tempat peristirahatan bagi presiden dan keluarga yang hawanya sejuk serta jauh dari perkotaan. Selain itu, juga sebagai tempat menjamu dan peristirahatan tamu-tamu negara.

Selain ke istana Tampaksiring, Jokowi menyempatkan diri berkunjung ke Pura Tirta Empul, sebuah tempat persembahyangan sekaligus cagar budaya yang terletak tepat di sebelah Istana Kepresidenan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, Bali. Pura Tirta Empul dikenal memiliki sumber mata air jernih yang digunakan sebagai tempat upacara keagamaan dan juga wisata.

"Pagi hari ini saya mengunjungi Pura Tirta Empul dimana ada mata air besar yang dipakai untuk wisata dan juga untuk upacara, saya kira ini sebuah pura yang terpelihara yang bersih dan juga wisatawan sekarang mulai banyak datang, saya titip pesan tetap jaga prokes, jaga kebersihan karena ini adalah aset negara, aset rakyat, aset masyarakat adat, yang memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di desa adat dan pemerintah daerah, ada income di sana, mari kita pelihara bersama-sama," ujar Jokowi.



Simak Video "Momen Jokowi Kunjungi Rumah Pengasingan dan Taman Renungan Bung Karno"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA