Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 09 Mei 2022 19:04 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata di Pantai Bali, Apakah Boleh Telanjang ala Kaum Nudis?

Putu Intan
detikTravel
turis asing
Foto: (Gede/detikTravel)
Jakarta -

Turis wajib tahu, Bali melarang turis untuk telanjang bulat saat berwisata, termasuk di pantai. Bila melanggar, hukumannya langsung dideportasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun menyatakan tak ada tempat wisata di Bali yang membebaskan turis untuk benar-benar telanjang layaknya kaum nudis. Meskipun di pantai, turis minimal harus mengenakan pakaian renang.

"Tidak boleh itu (telanjang). Kalau di pantai, pakai pakaian pantai. Kalau di pantai masih boleh pakai baju renang," kata Tjok ketika dihubungi detikcom via telepon, Senin (9/5/2022).

Menurut Tjok, kegiatan wisata di Bali sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Bali Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Standar Penyelenggaraan Kepariwisataan Budaya Bali.

Di sana juga dijelaskan bahwa kegiatan wisata di sana sesuai dengan prinsip Tri Hita Karana yang merupakan bagian dari budaya Bali. Ajaran ini mengajarkan keseimbangan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungannya.

Dengan kata lain, turis yang datang ke Bali harus patuh pada budaya yang berlaku di sana. Itu termasuk norma kesopanan dalam berpakaian dengan tidak seenaknya telanjang di tempat umum.

"Ketika bertentangan dengan aturan, tidak ada maaf. Langsung deportasi," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, belakangan ini terdapat aksi turis asing yang telanjang di beberapa lokasi di Bali. Ada bule pria yang menari telanjang di Gunung Batur hingga bule wanita bugil di pohon besar.

Agar kejadian serupa tak terulang kembali, Tjok mengimbau para penyedia jasa wisata, termasuk maskapai untuk mengingatkan para turis mengenai etiket berwisata. Selain itu, Pemda Bali juga memberikan informasi tersebut melalui website.



Simak Video "Turis Asing yang Kencingi Kawah Gunung Bromo Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA