Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Mei 2022 13:41 WIB

TRAVEL NEWS

Pelataran Candi Borobudur Mulai Dibangun untuk Perayaan Waisak

Eko Susanto
detikTravel
Persiapan pembuatan altar di Pelataran Candi Borobudur, Selasa (10/5/2022).
Foto: Persiapan altar Candi Borobudur (Eko Susanto/detikJateng)
Jakarta -

Perayaan Waisak 2566 BE segera digelar di Candi Borobudur. Persiapan dilakukan, salah saunya membangun pelataran Candi Borobudur.

Persiapan pembuatan panggung dan altar untuk perayaan Waisak telah dimulai sejak kemarin di Pelataran Candi Borobudur. Detik-detik Waisak akan jatuh pada Senin (16/5) pada pukul 11.13.46 WIB. Diperkirakan ada 1.200 umat yang akan hadir.

"Tahun ini, Walubi yang mengadakan. Izin sudah turun," kata Pamong Budaya Ahli Madya, Balai Konservasi Borobudur (BKB), Yudi Suhartono, kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

"Mulai kemarin loading dan pemasangan tenda, pemasangan altar di candi. Itu sifatkan untuk sakral upacara, sedangkan yang seremonial itu di Lumbini," ujar Yudi.

Sementara itu, General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro Malyanto mengungkapkan bahwa pihaknya akan membuka detik-detik Waisak pada siang hari. Nantinya akan dilakukan dengan pengaturan bekerja sama dengan panitia dan pihak keamanan.

"Kami tetap buka dengan pengaturan. Secara umum akan kita siapkan sebaik-baiknya bekerja sama dengan panitia dan pihak keamanan baik Polri maupun TNI," ujar Aryono.

---

Artikel ini telah tayang di detik Jateng, klik di sini



Simak Video "Ribuan Umat Buddha Kirab dari Candi Mendut Menuju Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA