Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Mei 2022 06:43 WIB

TRAVEL NEWS

Merasa Nenek Moyangmu dari Italia? Berarti Ada Kesempatan Jadi Warga Italia

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi
Foto: (Shutterstock)
Jakarta -

Terdapat sebuah kebijakan di Italia yang memudahkan warga asing mendapatkan kewarganegaraan negara itu. Caranya, melalui jalur leluhur.

Seperti yang dituliskan oleh CNN, Kamis (19/5/2022) terdapat aturan bernama 'jure sanguinis' atau penentuan kewarganegaraan berdasarkan pertalian darah atau keturunan. Itu berlaku bagi warga negara lain di seluruh dunia yang memiliki moyang atau memiliki darah Italia. Mereka bisa melacak kembali silsilah keluarga atau moyang mereka.

Artinya, leluhur mereka memang tidak berada di Italia. Keturunannya pun mendapatkan kewarganegaraan berbeda hingga keturunan selanjutnya. Misalnya, jika kakek kamu lahir di Italia dan ayah kamu lahir di Amerika Serikat, dengan catatan kakek kamu belum menjadi warga negara AS, kemungkinan kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan kewarganegaraan Italia.

Namun, tentu saja tidak segampang itu untuk mendapatkan kewarganegaraan Italia. Prosesnya disertai dengan segunung dokumen dan catatan yang menyertai dan diterjemahkan dalam dua bahasa, bahasa negara yang ditinggali saat ini dan bahasa Italia. Dan, masih banyak syarat lainnya.

Terdapat sebuah grup Facebook pribadi bernama 'Dual US-Italian Citizenship' (Kewarganegaraan ganda AS-Italia) dengan lebih dari 36.000 anggota. Di dalamnya cukup banyak yang membagikan pengalaman proses untuk mendapatkan kewarganegaraan Italia. Dan, terdapat juga pengacara yang disewa untuk menavigasi 'jure sanguinis' ini.

Tapi, karena bergantung pada dokumen, seringkali beberapa dokumen hilang atau terkubur di salah satu desa si Italia. Karena itu sangat dibutuhkan sosok Francesco Curione dari 007 Italian Records.

Sejak 2016, Curione telah membantu ratusan klien yang sebagian besar dari AS untuk menemukan dokumen. Mulai dari catatan pembaptisan yang terkubur di gereja-gereja yang dilanda gempa bumi, kebakaran, hingga akta kelahiran untuk bayi yang diserahkan untuk diadopsi saat lahir tanpa sepengetahuan leluhurnya.

Biayanya, biasanya dia menerima mulai dari USD 115 dan bisa jadi lebih tinggi, tergantung pada kerumitan pencarian.

Bagaimana proses menjadi orang Italia?

Salah satu perusahaan yang sering mendapatkan permintaan ini, Italian Citizenship Assistance mengungkapkan warga negara dari negara mana pun yang memiliki leluhur Italia yang memenuhi persyaratan dapat mengajukan permohonan. Tetapi mungkin ada batasan tergantung pada undang-undang dan peraturan negara tertentu.

Orang-orang dari AS, Kanada, Inggris, Argentina, Brasil, dan Australia termasuk di antara pelamar yang paling sering. Perusahaan menawarkan bantuan sebagian dan layanan penuh kepada orang-orang yang mengajukan permohonan kewarganegaraan Italia dan memiliki kantor di Italia dan California.

Ini juga memiliki bentuk silsilah keluarga yang akan dievaluasi secara gratis untuk memberi tahu calon klien jika mereka memiliki jalur menuju kewarganegaraan Italia.



Simak Video "Potret Sungai Terpanjang di Italia yang Mengering karena Perubahan Iklim"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA