Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 30 Mei 2022 16:12 WIB

TRAVEL NEWS

Kedalaman Sungai Aare Capai 200 Meter, Perenang Wajib Waspada

Putu Intan
detikTravel
The cathedral of Bern or Munster along side of Aare river in sunny day, Switzerland tourism
Sungai Aare. Foto: iStock
Jakarta -

Sungai Aare di Swiss ternyata memiliki kedalaman yang tak main-main. Titik terdalamnya mencapai 200 meter.

Sungai Aare adalah sungai terpanjang di Swiss. Panjangnya mencapai 288 kilometer melewati tiga sisi Kota Bern.

Selain dikenal panjang, Sungai Aare juga dalam. Menurut situs myswitzerland.com kedalaman Sungai Aare di dekat Meiringen mencapai 200 meter.

Di samping itu, Sungai Aare juga berarus kencang. Bila dilihat dari daratan, sungai ini memang tampak tenang tetapi di dalamnya, arus mengalir deras.

Itu sebabnya, otoritas Swiss mengimbau para wisatawan yang berenang di sana untuk waspada. Imbauan itu tercantum di situs Kota Bern hingga papan-papan peringatan yang dipasang di tepi sungai.

Salah satu peringatan yang juga tak boleh diabaikan perenang di Sungai Aare adalah mengenai suhu air. Sebagai informasi, air sungai ini berasal dari lelehan es di Pegunungan Alpen. Maka tak heran, suhunya begitu dingin antara 15-22 derajat celcius di musim panas.

Oleh sebab itu, sebelum berenang di Sungai Aare, perenang perlu untuk membiasakan tubuhnya dengan suhu air. Biasanya mereka akan berdiri atau duduk terlebih dahulu di bagian sungai yang dangkal baru kemudian masuk ke tengah sungai.

Di sepanjang Sungai Aare juga terdapat beberapa titik keluar bagi perenang. Pada titik itu dibangun tangga dan besi berwarna merah yang dapat digunakan untuk berpegangan.

Akan tetapi perlu diingat, untuk keluar dari sungai ini bukan perkara mudah. Dibutuhkan trik tertentu agar dapat menepi dan tak terbawa arus.

Oleh sebab itu, disarankan bagi perenang untuk bertanya dan berenang dengan orang yang sudah familiar dengan Sungai Aare. Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan ketika berenang.



Simak Video "Sederet Fakta Sungai Aare di Swiss Tempat Anak Ridwan Kamil Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA