Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 03 Jun 2022 20:35 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Bule Belanda Pilih Menyepi di Kota Mati Sukabumi

Siti Fatimah
detikTravel
Mr Ronny, bule Belanda tinggal di kota mati Sukabumi.
Mr Ronny, bule Belanda tinggal di 'kota mati' Sukabumi (Foto: Siti Fatimah/detikJabar)
Sukabumi -

Ada pemandangan unik saat traveler mengunjungi bagian kota mati Sukabumi ini. Ternyata, ada orang yang masih mau tinggal di sana, yakni bule Belanda.

Mr. Ronny, seorang pria berkewarganegaraan Belanda memutuskan tinggal di sebuah perumahan mewah yang terbengkalai di Lembah Halimun, Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. Konon, perumahan tersebut lebih dikenal sebagai 'kota mati' oleh warga sekitar.

Ronny mengatakan, ia sudah tinggal di Sukabumi sejak 10 tahun yang lalu. Namun, empat tahun ke belakang, Ronny dan keempat anggota keluarganya menempati salah satu rumah di perumahan kosong itu.

Apa yang membuat dia tinggal di sana dan begitu kerasa? Pemandangan alam dan udaranya yang sejuk jadi alasan besarnya. Ronny pun menikmati hari-harinya bersama keluarga meskipun jauh dari aktivitas sosial bertetangga.

"Enak sendiri, adem, air clear (bersih) enggak ada polusi di sini," ujarnya saat ditemui detikJabar beberapa waktu lalu.

Ronny dan keluarganya sebelumnya tinggal dan bekerja di Belanda selama 40 Tepatnya di Eindhoven, sebuah gementee yang terletak di provinsi Brabant Utara, selatan Belanda.

Meski begitu, ia mengaku bahwa dirinya merupakan warga Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sebab, ia dulu menghabiskan masa kecilnya di Indonesia sebelum tinggal di Belanda. Namun, secara administrasi sampai sekarang dirinya dan keluarga masih tercatat sebagai warga Belanda.

Artikel selengkapnya dapat traveler baca di sini.



Simak Video "Kebo Bule Keraton Solo Terindikasi PMK"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA