Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Jun 2022 21:01 WIB

TRAVEL NEWS

Banyak yang Protes, Ganjar Bilang Luhut Setuju Tunda Kenaikan Tarif Borobudur

Tim detikcom
detikTravel
Petugas Balai Konservasi Borobudur (BKG) menunjukkan aus di bagian tangga dan relief Candi Borobudur, Magelang, Selasa (7/6/2022)
Candi Borobudur Foto: Eko Susanto/detikJateng
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengusulkan kepada Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan untuk menunda pemasangan tarif naik Candi Borobudur sebesar Rp 750 ribu yang sedang ramai dibicarakan. Ganjar menyebut Luhut menerima masukan tersebut.

Hari ini Luhut sempat bertemu Ganjar di rumah dinas Gubernur Jateng, Puri Gedeh, Semarang. Ganjar mengatakan, penetapan tarif naik ke stupa Candi Borobudur perlu dikaji lagi bersama Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan Balai Konservasi Borobudur.

"Saya sampaikan kepada beliau, ini banyak yang protes, menurut saya diendapkan dulu dan beliau setuju. Ini soal tarif jangan dibicarakan dulu, di-postpone dulu, dan memang TWC sama balai sedang komunikasi, maka masyarakat tidak perlu resah. Itu penting untuk disampaikan," kata Ganjar usai bertemu dengan Luhut, seperti dikutip dalam keterangannya, Selasa (7/6/2022).

Ganjar menjelaskan saat ini penataan di kawasan Candi Borobudur terus dilakukan dan diperlukan skema-skema terbaik untuk mengatur wisatawan yang ingin naik ke candi. Contohnya dengan pembatasan kuota dengan tarif.

"Kita postpone dulu. Tadi Pak Menteri (Luhut) sudah menyampaikan, 'Pak Gub itu kita postpone dulu, biar tidak terjadi cerita yang ke mana-mana'," ujarnya.

------

Artikel ini sudah tayang di detikJateng. Selengkapnya klik tautan ini.



Simak Video "Bertemu Luhut, Ganjar Pastikan Kenaikan Tarif Borobudur Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA