Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 14 Jun 2022 18:05 WIB

TRAVEL NEWS

Barang Apa Saja yang Bisa Diambil dari Kamar Hotel? Ini Cara Bedakannya

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Benda-benda di kamar hotel
Foto: (iStock)
Jakarta -

Saat menginap di hotel, biasanya selalu ada barang-barang yang bisa dibawa pulang oleh tamu. Namun, untuk yang baru pertama menginap atau sudah lama tidak menginap di hotel. Mungkin hal ini bisa jadi sedikit membingungkan.

Setiap hotel memiliki kebijakan dan peraturannya masing-masing. Tapi, ternyata ada aturan umum yang berlaku di semua hotel. Ketika membahas mengenai barang apa saja di kamar yang bisa dibawa pulang tamu.

Boleh ambil barang sekali pakai

"Aturannya adalah sesuatu yang dipakai sekali habis, sekali rusak, atau sekali jadi bekas itu boleh dibawa. Contohnya sandal. Sandal kan ketika dibuka itu menjadi bekas orang, itu boleh dibawa. Kecuali yang berupa linen seperti handuk-handukan itu tidak bisa, walaupun handuk kecil, linen-linen itu nggak bisa. Ketika ada sabun dipakai dan dibawa itu tidak akan ditagih sama pihak hotel. Karena sabun kan sekali pakai," kata Regional General Manager dari Archipelago International Hotels, Resorts & Residences Doddy Fathurahman.

Secara umum, barang yang bisa dibawa pulang adalah barang-barang kegunaan yang sifatnya sekali pakai. Jika barang tersebut bisa diisi ulang atau digunakan kembali, maka tidak bisa dibawa.

"Karena hotel itu memberikan fasilitas untuk tamunya itu bisa bervariasi. Misalnya amenities-nya. Amenities itu misalnya kayak di kamar mandi. Ada yang bisa dibawa pulang, ada juga yang enggak. Jadi tergantung hotelnya. Contoh kalo ada kemasan plastik itu kayaknya bisa dibawa. Namun, kalau sistemnya refill, sabun mandi cair yang tersedia dengan tempatnya itu nggak bisa dibawa pulang," ungkap Director of Marketing Adiwana Hotels & Resorts Andry Kurniawan.

Selain kata kunci pada 'barang sekali pakai', muncul juga istilah amenities. Dikutip dari laman Hotelier, amenities adalah fasilitas kamar yang disediakan dengan tujuan agar tamu betah ketika mereka menginap.

Pada dasarnya, amenities merupakan fasilitas penunjang. Tidak terbatas pada barang-barang kecil seperti sisir, sikat gigi, atau sampo. Termasuk juga barang-barang elektronik yang tersedia di kamar.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua amenities dapat dibawa pulang. Sesuai dengan penjelasan dari para pengelola hotel. Hanya amenities yang sifatnya sekali pakai saja yang dapat dibawa pulang.

"Barang-barang yang sekali pakai. Termasuk slippers. Walaupun slippers kita itu berbeda dengan hotel lain. Tapi itu memang bisa dibawa juga karena sekali pakai. Kalau sudah dipakai oleh tamunya, kamarnya sudah terjual, tidak untuk diberikan ke tamu lain," Director of Marketing & Communication The Trans Luxury Hotel Anggia Elgana, mengungkapkan hal serupa.

Lalu bagaimana jika hotel menyediakan produk sekali pakai yang bermerk? Jangan khawatir, jika produk tersebut termasuk ke dalam produk sekali pakai. Maka, travelers dapat membawa pulang produk tersebut.

"Terus kalau misalnya barang-barang yang bisa diambil, pastinya selain complimentary mini bar. Kita ada amenities juga ya. Kita amenities-nya ada luxury amenities dari Aromatherapy London Associates. Dari mulai body lotion, ada sampo, sabun. Kita juga punya bath bomb. Ada berbagai amenities yang kita sediakan. Kaya untuk pasta gigi kita pakainya yang cukup branded gitu. Kan ada juga beberapa hotel bintang lima, dia amenities-nya yang non-brand. Kalau di kita pake Aromatherapy dari London. Itu untuk tipe premier. Untuk tipe club premier dan celebrity suite kita pakai Acqua Di Parma, brand dari Louis Vuitton," kata Anggia.

Selain barang-barang tersebut, amenities berupa teh, kopi, gula, krimer yang disiapkan hotel juga dapat dibawa pulang.

"Termasuk teh, kopi, yang kita siapkan secara gratis. Biasanya kita ada siapkan teh, kopi, gula, itu juga boleh diambil. Jadi kodenya adalah yang sekali pakai dan amenities. Sebenarnya semua amenities ya, sandal, sabun, sampo, teh, kopi, itu boleh diambil," sambung Doddy.

Nah, itulah kata kunci dari barang-barang di hotel yang bisa dibawa pulang. Yakni amenities yang bersifat sekali pakai. Baik yang ada di kamar mandi maupun barang sekali pakai yang ada di dalam kamar.

Namun, perlu juga diingat bahwa amenities ini tidak termasuk makanan dan minuman ringan yang disediakan hotel. Jadi, hal ini hanya berlaku untuk barang-barang atau fasilitas penunjang sekali pakai. Khususnya barang yang biasanya dibungkus dengan label atau bermerk sama dengan hotel tempat travelers menginap.



Simak Video "Bermalam di Hotel Joglo Kecombrang dengan Nuansa yang Asri"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA