Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 14 Jun 2022 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Pesan Hotel Langsung di Situsnya Ternyata Banyak Keuntungannya Lho!

Yasmin Nurfadila
detikTravel
The Trans Luxury Hotel
Foto: (dok The Trans Luxury Hotel)
Jakarta -

Selain pemesanan melalui online travel agent, hotel juga bisa dipesan langsung melalui website hotel. Berikut beberapa keuntungan dari pemesanan langsung.

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, banyak travelers yang memilih untuk memesan hotel melalui platform pemesanan online atau online travel agent (OTA). Di satu sisi, cara pemesanan ini memudahkan travelers. Karena bisa memesan akomodasi hotel, tiket perjalanan, hingga tiket tempat wisata di satu platform.

Selain itu, online travel agent juga biasanya menyediakan beragam paket menginap dan wisata yang menarik. Namun, menurut pendapat beberapa pengelola hotel, penawaran terbaik tetap didapatkan dari pemesanan langsung melalui website hotel.

"Ada baiknya untuk mem-booking kamar secara langsung di website hotelnya. Karena sekarang kan musim tamu-tamu membooking kamar melalui agen-agen, online travel agent. Nah itu memang mereka biasanya punya paket-paket yang menarik. Tapi, akan jauh lebih menarik kalau para pengunjung itu mau membuka website hotel untuk mem-booking langsung," kata Doddy Fathurahman, Regional General Manager dari Archipelago International Hotels, Resorts & Residences.

Ekstra Benefit

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan travelers adalah adanya ekstra benefit dari hotel. Umumnya, ketika memesan hotel melalui aplikasi travel agent online, travelers hanya akan memesan kamar dan jatah sarapan.

Namun, jika travelers memesan melalui website hotel. Terdapat beragam pilihan paket yang bisa dipesan. Serta keuntungan lain yang bisa didapatkan.

"Di situ (website hotel) bisa berkomunikasi juga, karena sekarang pihak hotel teknologinya sudah sama dengan OTA. Jadi bisa langsung chat, bisa langsung berkomunikasi. Biasanya pihak hotel ada paket tersendiri. Memberikan bukan diskon, tapi benefit," kata dia.

"Yang saya lakukan sendiri di Anyer, bagi tamu-tamu yang memesan kamar melalui website, kita akan memberikan semacam benefit di kamarnya. Contohnya, kalau bawa anak, kita bisa kasih boneka, seperti itu. Atau kita berikan kue selamat datang," ujar Doddy.

Benefit yang diberikan dari setiap hotel berbeda-beda. Mulai dari welcome snacks, tambahan pelayanan gratis, hingga diskon ekstra.

"Jika mereka booking di OTA (online travel agent), mereka misalnya cuma dapat harga kamar dan breakfast, atau bahkan harganya belum termasuk breakfast. Namun, jika misalnya booking lewat hotel, tamu-tamu bisa mendapatkan benefit lebih dari yang dia dapat di online travel agent. Kadang dapet free spa, free dinner, di luar breakfast lah ya. Bisa dapet tambahan-tambahan itu. Kalo ditotal bisa lebih murah itungannya," tutur Andry Kurniawan, Director of Marketing dari Adiwana Hotels & Resorts.

Dengan benefit berupa pelayanan gratis, maka harga yang ditawarkan website hotel terbilang lebih murah jika dibandingkan harga pada OTA. Hal ini jugalah yang membuat Andry Kurniawan menyarankan calon tamu hotel untuk memesan langsung melalui website hotel.

Tidak hanya itu, benefit berupa ekstra diskon juga bisa didapat dari pemesanan langsung. Seperti yang berlaku di The Trans Luxury Hotel.

"Kalo di The Trans Luxury Hotel pastinya kita menyarankan untuk booking direct ke www.thetranshotel.com. Apalagi sekarang kita lagi ada promo dengan Allo Bank juga kan. Jadi untuk direct booking, bisa dapetin harga terbaik. Apalagi dengan Allo Bank itu harga website yang udah paling oke, langsung dapetin potongan lagi 10% kalo pembayarannya dengan Allo Prime, plus additional Allo cashback kalo pembayarannya dengan Allo PayLater. Jadi memang best rate guaranteenya ada di website kita," kata Anggia Elgana, Director of Marketing & Communication dari The Trans Luxury Hotel.

Simak juga Video: Siasat Industri Perhotelan Tarik Minat Wisatawan

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA