Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jun 2022 11:05 WIB

TRAVEL NEWS

Sebelum Borobudur, Larangan Naik Sudah Berlaku di Candi Singosari

Putu Intan
detikTravel
Candi Singosari
Candi Singosari. Foto: Putu Intan/detikcom
Malang -

Candi Singosari di Kabupaten Malang sudah tidak boleh dinaiki pengunjung. Larangan ini diberlakukan demi melindungi candi dari kerusakan.

Juru pelihara Candi Singosari, Hari Kusno, mengatakan aturan tersebut sudah berjalan selama setahun belakangan. "Tahun 2022 ini diketatkan lagi. Aturan dibuat untuk tujuan perawatan dan pengamanan supaya pengunjung tidak meluap untuk naik semua," kata dia kepada detikcom, Kamis (23/6/2022).

Dilarang Naik Candi Singosari

Hari menjelaskan, penetapan larangan naik ke Candi Singosari diputuskan setelah ada penelitian mengenai kondisi candi. Dulu, wisatawan bebas untuk naik dan masuk ke ruangan-ruangan candi. Sayangnya, hal itu malah membuat eksistensi candi terancam.

"Lama kelamaan ada kerusakan-kerusakan, terutama untuk beban dan goresan alas kaki dari pengunjung. Sama juga di Borobudur kan ada pembatasan, ya itu untuk pengamanan dan pelestarian candi," ujarnya.

Akan tetapi, Hari memaparkan, ada pengecualian dari larangan naik ke Candi Singosari. Candi itu boleh dinaiki untuk tujuan penelitian dan ritual.

"Jika untuk penelitian dan ritual itu tidak masalah. Tapi kalau untuk pemotretan, sekarang cukup jadi background saja," ucapnya.

Ritual sendiri masih kerap dilakukan umat Hindu. Biasanya dilakukan setelah Nyepi.

"Kalau sebelum COVID-19, setahun sekali ada perayaan hari raya Nyepi. Dipakai ritual pemujaan, sembahyang di sini sesudah tanggal merah. Ada acara pembakaran ogoh-ogoh juga," ujarnya.

Candi Singosari terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini merupakan tempat pendarmaan Raja Kertanegara, pemegang tahta terakhir Kerajaan Singosari. Candi Singosari dibangun sekitar tahun 1300 Masehi dengan corak Hindu-Buddha.

Jam buka Candi Singosari dan Tarif Masuk

Wisatawan dapat mengunjungi Candi Singosari mulai pukul 07.00 - 16.00 WIB. Tidak ada tarif tertentu untuk masuk ke sana, wisatawan dapat memberikan sumbangan sukarela untuk perawatan candi.



Simak Video "Sandiaga Uno Harap Penataan Candi Borobudur Bisa Tarik 20 Juta Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA