Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 25 Jun 2022 15:15 WIB

TRAVEL NEWS

Haji Furoda dan ONH Plus, Perbedaannya Apa?

Ilustrasi haji atau umrah
Foto: Ilustrasi haji (Getty Images/iStockphoto/Aviator70)
Jakarta -

Haji Furoda dan ONH Plus sama-sama memungkinkan jemaah tak harus menunggu waktu yang sangat lama untuk berangkat. Apa perbedaannya?

Jemaah haji reguler kini harus menunggu hingga puluhan tahun. Mengutip detik Finance, masa waiting list atau daftar tunggu pemberangkatan jemaah haji di Jakarta mencapai 55 tahun.

Ada solusi untuk jemaah yang tak ingin menunggu keberangkatan terlalu lama, yaitu dengan memilih ONH Plus atau Haji Furoda. Ini perbedaannya.

ONH Plus atau Ongkos Naik Haji Plus merupakan haji kuota pemerintah dengan masa tunggu 5 sampai 7 tahun, sesuai dengan kuota daerah masing-masing. Haji ini merupakan kuota pemerintah yang sifatnya lebih cepat atau percepatan.

"Visanya adalah visa haji yang memang seperti halnya haji reguler tapi dia lebih cepat,biayanya sekitar 4x lebih mahal dari biaya reguler. " kata Wasekjen AMPHURI, Rizky Sembada kepada detikcom, Jumat (24/6/2022).

Sementara itu, Haji Furoda menggunakan visa mujamalah yang didapat langsung dari pemerintah Arab Saudi. Jemaah tersebut bisa langsung berangkat di tahun yang sama saat dia mendaftar. Biaya untuk haji furoda pada tahun ini adalah 20.000-25.000 USD atau sekitar sekitar Rp 297 juta-Rp 371 juta.

"Jadi, daftar tahun ini berangkat tahun ini. Biayanya jauh lebih mahal dari haji reguler dan bisa hampir dua kali lipat dari haji plus," kata Rizky.

Sementara, fasilitas antara haji furoda dan ONH Plus tak terpaut jauh, hanya percepatannya lah yang membuat harga furoda jauh lebih mahal.

"Biasanya furoda itu masyairnya VIP dan hotelnya dikasih bintang 5 itu lazimnya, tapi kembali lagi sesuai paketnya. Furoda yang benar-benar VIP atau hanya percepatannya. Tapi yang membedakan adalah percepatannya. Kalau ONH 5-7 tahun kalau furoda tanpa antre," ujar Rizky.

Sedangkan persamaannya yaitu, haji furoda dan ONH plus keduanya sudah diawasi oleh pihak Kemenag dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Travel yang tak memiliki izin tidak boleh menyelenggarakan haji furoda, itu akan masuk pelanggaran.

"Travel yg tidak memiliki izin PIHK dilarang keras menyelenggarakan haji furoda. Dan apabila ada yg nekat menyelenggarakan tanpa izin PIHK maka itu melanggar aturan undang undang dan bisa masuk ranah pidana," kata Rizky. Menurut UU no 8 tahun 2019 pun, PIHK hanya memberangkatkan Jemaah Haji Khusus yang terdaftar dan yang telah melaporkan kepada Menteri.

Diberitakan sebelumnya oleh detikcom, berikut fasilitas yang diterima oleh jemaah Haji Furoda:

1. Tidak perlu antri seperti haji reguler
2. Visa Haji Resmi (terdaftar online pada aplikasi e-Hajj Saudi Arabia dengan Tasreh khusus ibadah Haji).
3. Hotel Bintang 5.
4. Maktab Haji Khusus Furoda (96).
5. Hotel Transit di Mina
6. Tenda AC di Arafah
7. Pesawat Saudi Airlines Direct Jeddah
8. dan beragam fasilitas lainnya.

Mengutip CNBC, ini fasilitas yang diterima jemaah ONH Plus:

1. Jadwal keberangkatan lebih cepat
2. Lokasi penginapan ONH Plus biasanya jauh lebih dekat sedangkan Haji Reguler biasanya berlokasi 3-5 km dari Masjidil Haram
3. Fasilitas hotel ONH Plus lebih banyak
4. Kebutuhan akomodasi dan konsumsi jemaah Haji ONH Plus ditanggung pihak penyelenggara. Sementara konsumsi jemaah Haji Reguler menjadi tanggungan pribadi
5. Jemaah mendapatkan bimbingan haji yang lebih intensif dan eksklusif.



Simak Video "Kasus 46 Calon Dideportasi Saudi, Apa Itu Haji Furoda?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA