Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 04 Jul 2022 14:16 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Idul Adha di Negara Muslim Berapa Lama Ya? Ada yang Sampai 9 Hari!

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Hasil sidang isbat Idul Adha 2022 menetapkan Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Berikut informasi selengkapnya.
Sidang Isbat penentuan Idul Adha. (Foto: https://kemenag.go.id/)
Jakarta -

Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar bagi umat Muslim. Hari raya ini dirayakan dengan beribadah bersama dan diikuti penyembelihan hewan kurban. Sama seperti saat Idul Fitri, Idul Adha biasanya dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga.

Di Indonesia, hari raya Idul Adha biasanya tidak mendapat jatah libur yang panjang seperti Idul Fitri. Namun di negara-negara mayoritas Muslim lainnya, ternyata ada yang memberikan jatah libur yang cukup panjang.

Berikut adalah lama waktu libur Idul Adha di beberapa negara Muslim yang dirangkum dari berbagai sumber:

Arab Saudi

Idul Adha jatuh pada tanggal 9 Juli di Arab Saudi. Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Arab Saudi mengumumkan sektor privat dan publik mendapat libur selama empat hari.

Hari libur dimulai sejak hari Arafah pada tanggal 8 Juli hingga 11 Juli. Aktivitas perkantoran dan industri akan dimulai kembali pada Selasa, 12 Juli 2022.

Oman

Oman telah mengumumkan bahwa sektor publik dan privat mendapat jatah libur Idul Adha mulai dari Jumat, 8 Juli hingga Selasa, 12 Juli 2022. Kembali bekerja pada hari Rabu, 13 Juli 2022.

Kementerian Ketenagakerjaan Oman menyebutkan bahwa pegawai dapat bekerja pada hari libur tersebut jika ada keperluan mendesak. Kemudian akan ada kompensasi yang diberikan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kuwait

Kuwait mengumumkan melalui akun Twitter resmi @kuna_en bahwa pemerintah Kuwait akan libur pada tanggal 10 hingga 14 Juli. Dalam rangka menyambut hari Arafah dan Idul Adha. Sektor publik akan kembali beroperasi pada hari Minggu, 17 Juli 2022.

Berhubung Jumat dan Sabtu di Kuwait merupakan weekend. Maka warga Kuwait mendapat libur selama 9 hari. Terhitung sejak Jumat, 8 Juli hingga Sabtu, 16 Juli.

Bahrain

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Pangeran Salman bin Hamad Al Khalifa, Bahrain menetapkan libur Idul Adha selama empat hari. Mulai tanggal 8 hingga 11 Juli.

Qatar

Libur Idul Adha di Qatar dimulai sejak hari Minggu, 10 Juli hingga Kamis, 14 Juli. Aturan weekend di Qatar sama seperti di Kuwait. Sehingga warga Qatar juga menikmati libur Idul Adha yang cukup panjang.

Pakistan

Pada Minggu (3/7/22) Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengumumkan hari libur Idul Adha bagi warga Pakistan. Hari libur ini dimulai sejak tanggal 8 hingga 12 Juli 2022.

Awalnya pemerintah Pakistan hanya memberi jatah libur selama tiga hari, pada 10-12 Juli. Namun, perdana menteri kemudian menyetujui tambahan hari libur selama dua hari.

Indonesia

Tidak seperti negara-negara di atas, libur Idul Adha di Indonesia hanya diberikan selama 1 hari saja. Sidang isbat menetapkan Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Sedangkan Muhammadiyah memastikan Idul Adha 2022 adalah tanggal 9 Juli 2022.

"Sidang isbat telah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 1 Zulhijah tahun 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada Jumat tanggal 1 Juli 2022," kata Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi.

"Dengan demikian Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022," sambungnya.



Simak Video "Sapi Kurban Jokowi-Ma'ruf Amin di Masjid Istiqlal Disembelih Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA