Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Jul 2022 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Seperti Borobudur, Tiket Komodo Rp 3,75 juta per Tahun Masih Wacana

Pulau Rinca Taman Nasional Komodo tengah ditutup untuk pembangunan sarana dan prasarana wisata. Begini rumah Komodo sebelum pembangunan dimulai.
TN Komodo (Foto: Dadan Kuswaharja/detikcom)
Jakarta -

Seperti Candi Borobudur, pemerintah baru melempar kail soal tiket terusan Rp 3,75 juta ke Taman Nasional Komodo. Jadi, aturan itu masih berupa wacana.

Dalam beberapa kesempatan tiket setinggi itu akan diterapkan pada 1 Agustus 2022. Perlu dicatat bahwa itu adalah tiket terusan dan berkaitan erat dengan kontribusi kelestarian alam.

"Wacana pemberlakuan tiket terusan masuk Taman Nasional (TN) Komodo sebesar Rp 3,75 juta per tahun hingga kini belum ada pembahasan di lintas kementerian dan lembaga," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam temu wartawan mingguan, Senin (4/7/2022).

"Mengenai wacana ini Kemenparekraf akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak," dia menegaskan.

Lalu, ada kekhawatiran jika biaya tersebut diterapkan, yakni jumlah kunjungan ke TN Komodo yang merosot. Meski demikian, Kemenparekraf sudah memiliki strategi agar jumlah kunjungan TN Komodo berada dalam tingkat yang baik.

"Kemenparekraf mempunyai fokus perhatian pada daya dukung terhadap jumlah turis yang masuk ke TN Komodo (carrying capacity) jika nantinya harga tiket tersebut ditetapkan. Carrying capacity baik Candi Borobudur maupun TN Komodo kita akan review," kata dia.

"Langkah ini sebagai upaya menciptakan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan (quality and sustainable tourism) sebagaimana misi dalam mengembangkan kepariwisataan ke depan," kata dia.



Simak Video "Tarif Rp 3,75 Juta Pulau Komodo Akhirnya Ditunda Usai Tuai Protes"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA