Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Jul 2022 10:12 WIB

TRAVEL NEWS

Nyaris! Machu Picchu Selamat dari Kebakaran Hebat

Situs bersejarah, Machu Picchu, kembali dibuka untuk umum. Wisata daya tarik nomor satu di Peru ini membatasi kapasitas pengunjungnya menjadi 30%.
Foto: Machu Picchu (AP Photo/Martin Mejia)
Cusco, Peru -

Destinasi tersohor dari Peru, Machu Picchu berhasil selamat dari kebakaran hebat yang terjadi di sekitar wilayah itu. Total ada 20 hektar lahan yang terbakar.

Kebakaran itu diduga berasal dari petani yang membakar rumput di lahan mereka. Menurut laporan Reuters yang dilansir detikTravel, Rabu (6/7/2022), kebakaran hutan itu pertama kali terjadi pada Selasa (28/6) pekan lalu dan terus meluas.

Sampai hari Kamis (30/6) malam, kebakaran hutan di Peru itu sudah menghancurkan areal seluas lebih dari 0,5 kilometer persegi. Beruntung petugas pemadam kebakaran dibantu oleh pihak kepolisian sigap dan bekerja siang-malam untuk memadamkan api itu.

Hasilnya, 90% kebakaran hutan berhasil dikendalikan. Sementara sisanya, petugas kebakaran masih berjuang untuk memadamkannya karena lokasinya sangat sulit untuk dijangkau. Machu Picchu pun berhasil diselamatkan.

"Syukurlah, kami berhasil mengendalikan api itu," ujar Walikota Distrik Machu Picchu, Darwin Baca Leon kepada Stasiun Radio RPP Peru.

Dibangun pada abad ke-15, Machu Picchu adalah peninggalan budaya dan sejarah yang amat dilindungi oleh pemerintah setempat. Kuil itu dibangun di titik pertemuan antara pegunungan Andes di Peru dengan Cerukan Amazon.

Berlokasi di ketinggian lebih dari 2.430 meter di atas permukaan laut, Machu Picchu jadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Machu Picchu pun dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. UNESCO menyebut Machu Picchu sebagai peninggalan arsitektur terbaik dan termegah dari peradaban suku Inca yang pernah ada di dunia.



Simak Video "Kebakaran Hutan di California Meluas, 3 Ribu Warga Dievakuasi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA