Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Jul 2022 11:50 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Terpesona Keanekaragaman Alam dan Budaya Green Talao Pariaman

Jeka Kampai
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Jeka Kampai/detikcom)
Padang Pariaman -

Desa Wisata Green Talao Park (GTP) di Nagari Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat masuk daftar 50 besar Desa Wisata terpilih di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang mengunjungi kawasan itu, Selasa (5/7/2022) mengungkapkan rasa kagumnya terhadap keanekaragaman alam dan budaya yang ada di GTP.

Menurut Sandi, Desa Wisata Green Talao Park (GTP) Ulakan sangat potensial untuk dikembangkan sebagai daya tarik wisata.

"Kami sangat terpesona dengan bukan hanya keindahan alam dan juga adat istiadat budaya tapi juga ada wisata religi," kata Sandi kepada wartawan.

Desa Wisata GTP Ulakan memiliki daya tarik wisata berupa kawasan pesisir pantai dengan estuaria mangrove, yang dikelola menjadi destinasi ekowisata dan edukasi.

Daya tarik GTP adalah treking mangrove sepanjang 1,8 kilometer dan keanekaragaman hayati dan budaya masyarakatnya. Kawasan ini juga tersinergi langsung dengan Makam Syekh Burhanudin sebagai pusat wisata religi di Sumatra Barat dan kawasan Taman Wisata Pulau (TWP) Pieh.

Dengan potensi wisata yang beraneka ragam itu, kata Sandi, maka perlu ada kolaborasi antara pihak-pihak terkait untuk mengembangkan potensi wisata yang ada.

Menparekraf pun mengajak seluruh stakeholder di Sumatra Barat, khususnya di Kabupaten Padang Pariaman untuk berkolaborasi dalam meningkatkan potensi yang telah ada di Desa Wisata GTP Ulakan.

"Kita gali terus potensi untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja karena saya lihat banyak sekali lapangan kerja yang tercipta di sini. Karena ini adalah pariwisata berbasis komunitas," katanya.

Sandiaga mengungkapkan lewat pengembangan potensi wisata yang ada, diharapkan Desa Wisata GTP Ulakan bisa menjadi magnet bagi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumatra Barat.

Dalam kunjungan ini, Sandiaga juga meletakkan batu pertama pembangunan Laga-laga atau pentas seni di Desa Wisata GTP Ulakan.

Sandiaga juga berziarah ke Makam Syekh Burhanuddin Ulakan yang terletak di dalam komplek Masjid Agung Syekh Burhanuddin yang terletak tak jauh dari Desa Wisata GTP Ulakan.



Simak Video "Ijtima Ulama di Jogja Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA