Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Jul 2022 22:40 WIB

TRAVEL NEWS

Atasi Bau Tak Sedap, Rusia Mau Bikin Jalan Beraroma Stroberi

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi jalan
Ilustrasi jalan. Foto: Getty Images/PPAMPicture
Jakarta -

Rusia rupanya punya ide unik untuk mengatasi bau aspal panas yang tak sedap. Mereka membuat aspal dengan aroma stroberi. Hmmm...apakah jalannya jadi lebih wangi?

Sebuah perusahaan di Leningrad, Rusia, baru-baru ini membuat aspal beraroma stroberi. Aspal ini digunakan untuk membangun jalan sepanjang 700 meter.

Jalan itu sendiri dibangun pada 30 Juni di Distrik Vsevolozhsk Leningrad. Jalan beraspal stroberi ini merupakan bagian dari proyek nasional Safe High-Quality Roads Rusia.

Dilansir dari Oddity Central, Kamis (6/7/2022) sekitar 300 ton campuran aspal beraroma stroberi digunakan dalam pembangunan itu.

"Kontraktor datang dengan solusi ini. Ini adalah inisiatif mereka sendiri," tulis kantor berita Rusia Interfax.

"Banyak orang tidak menyukai bau aspal yang terlalu panas, yang menyebar selama proses perbaikan, jadi memutuskan untuk mencobanya," katanya.

Tidak jelas seberapa sukses percobaan pembangunan jalan beraspal aroma stroberi ini. Belum diketahui seberapa lama aroma stroberi ini bakal bertahan. Tapi yang jelas, kontraktor menjamin aroma stroberi itu tidak mempengaruhi kualitas aspal sama sekali.

Ngomong-ngomong soal jalan, Rusia termasuk negara yang sangat menjaga kualitas jalannya. Mereka juga dikenal memiliki jalan berkualitas tinggi.

Rusia percaya diri dengan jalan beraspal yang mereka buat. Sampai-sampai pemerintah Rusia mengajukan proposal agar kendaraan dapat melaju dengan kecepatan 150 kilometer per jam. Ini meningkat dari sebelumnya kendaraan boleh melaju maksimal dengan kecepatan 130 kilometer per jam.

Kembali ke aspal beraroma stroberi, sebelumnya, aspal beraroma juga pernah dicoba dipraktikkan di Polandia. Saat itu, Polandia menggunakan aspal beraroma bunga. Alasannya sama untuk mengatasi bau aspal yang mengganggu pengendara.



Simak Video "Begini Kondisi Aspal DPR yang Bakal Dapat Anggaran Rp 11 M"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA